Sopir Vanessa Angel Diduga Alami Highway Hypnosis, Ini Tips Mengatasinya
Reporter: Tempo.co
Editor: Rafif Rahedian
Senin, 8 November 2021 17:30 WIB
Petugas mengevakuasi mobil Pajero nopol B 1264 BJU yang ditumpangi artis Vanessa Angel dan keluarganya usai mengalami kecelakaan di ruas tol Jombang-Mojokerto KM 672 arah Surabaya di Bandarkedungmulyo, Kabupaten Jombang, Jawa Timur, Kamis, 4 November 2021. Kecelakaan tersebut menewaskan Vanessa Angel dan suaminya Febri Ardiansyah alias Bibi. ANTARA/Syaiful Arif

GOOTO.COM, Jakarta - Sopir Vanessa Angel, Jody diduga mengalami Highway Hypnosis dalam kecelakaan mau yang terjadi di Tol Jombang. Dugaan itu muncul dari komentar pakar keselamatan berkendara sekaligus pendiri Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC), Jusri Pulubuhu.

Highway Hypnosis sendiri adalah kondisi pikiran kosong pengendara saat mengemudikan kendaraan di jalan bebas hambatan. Sindrom ini pun bisa membuat sopir mengalami microsleep atau tertidur dalam durasi waktu satu sampai tiga detik.

Beberapa hal yang bisa menyebabkan Highway Hypnosis ini adalah faktor kelelahan atau dikenal dengan sebutan Auto Behaviour Syndrome (ABS). Maka dari itu, Jusri menyarankan akan pengendara tidak menyetir dalam kondisi ngantuk atau kelelahan.

"Berkendara di jalan tol itu menyebabkan kebosanan, apalagi dalam situasi ini, mobil akan berjalan secara stagnan, sehingga tidak ada stimulus yang menggerakan otak. Dalam kondisi ini, pengemudi akan melamun dan bisa tertidur sesaat," kata Jusri, dikutip dari Tempo.

Sementara itu, Profesor Kinesiologi dari Michigan University, Sean Meehan menjelaskan bahwa lintasan yang lurus bisa membuat otak pengendara mobil dalam keadaan setengah sadar. Fenomena ini nyatanya sama berbahayanya dengan mengemudi dalam keadaan mabuk.

Ketika pengendara diserang sindrom Highway Sypnosis ini maka mereka nantinya tidak bisa bereaksi dengan cepat terhadap kondisi. Sebagai contoh, sopir kesulitan untuk merespons secara cepat ketika kendaraan lain yang tiba-tiba mendekat atau ada lampu merah.

Untuk mengatasi sindrom tersebut, Meehan pun memberikan beberapa tips untuk para pengendara di jalan tol. Berikut tips-tipsnya:

1. Mengemudi dengan batas kecepatan yang disarankan 2. Dengarkan musik yang keras, jangan musik santai yang bikin mengantuk 3. Jika mengantuk, mintalah orang lain menggantikan menyetir 4. Jika tidak ada yang bisa menggantikan, beristirahatlah di rest area jalan tol.

Baca: Melihat Bahayanya Menggunakan HP Saat Menyetir Mobil

TEMPO.CO

Selalu update info terkini. Simak breaking news dan berita pilihan dari Tempo.co di kanal Telegram “Tempo.co Update”. Klik https://t.me/tempodotcoupdate untuk bergabung. Anda perlu meng-install aplikasi Telegram terlebih dahulu.

#Vanessa Angel
#Highway Hypnosis
#Tips
#Kecelakaan
#Jalan Tol
#Pengendara Mobil

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi