Langgar Aturan Bendera, Max Verstappen Kena Penalti Grid di Formula 1 Qatar?
Reporter: Gooto.com
Editor: Rafif Rahedian
Minggu, 21 November 2021 12:33 WIB
Pembalap Red Bull Max Verstappen saat balapan di GP Amerika Serikat di Circuit of the Americas (COTA), Austin, Texas, 25 Oktober 2021. REUTERS/Mike Blake
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, JakartaMax Verstappen dilaporkan melanggar aturan kibaran bendera kuning ganda di akhir kualifikasi Formula 1 Qatar 2021. Insiden ini membuat pembalap Red Bull Racing Honda tersebut harus menghadap ke steward.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Dirinya diketahui harus menemui steward terlebih dahulu pada pukul 1 siang waktu setempat sebelum F1 Qatar berlangsung. Hal ini pun memungkinkan Verstappen bakal dikenakan sanksi penalti grid di Sirkuit Losail.

Verstappen diketahui mendapatkan tempat kedua di grid Formula 1 Qatar 2021. Ia mampu mengungguli catatan waktu Valtteri Bottas (Mercedes), namun masih kalah cepat dari Lewis Hamilton (Mercedes).

Bendera kuning ganda itu sendiri dikibarkan steward setelah Pierre Gasly mendapat tusukan dan kerusakan sayap depan di akhir-akhir sesi kualifikasi. Akan tetapi, Verstappen justru menghiraukan pertanda bendera tersebut.

“Dia melewati lampu merah atau kuning berkedip di sebelah kiri dan kemudian melewati kibaran bendera kuning ganda dan ada mobil berdiri di jalan,” bos Mercedes Toto Wolff menjelaskan, dikutip Gooto.com dari Crash.net.

Terkait masalah ini, Hamilton sempat dihukum penalti tiga grid pada Formula 1 Austria 2020 karena pelanggaran yang sama. Dengan begitu, kemungkinan besar Verstappen bakal mendapatkan sanksi serupa.

Max Verstappen sendiri nyatanya pernah melakukan kesalahan yang sama pada Formula 1 Meksiko 2019, di mana ia gagal memperlambat mobilnya saat bendera kuning berkibar. Ia pun harus turun tiga tempat dari posisi grid awal.

Baca: Meski Kalah dari Lewis Hamilton, ExxonMobil Tetap Apresiasi Max Verstappen

CRASH.NET

Selalu update info terkini. Simak breaking news dan berita pilihan dari Tempo.co di kanal Telegram “Tempo.co Update”. Klik https://t.me/tempodotcoupdate untuk bergabung. Anda perlu meng-install aplikasi Telegram terlebih dahulu.

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi