4 Skenario yang Buat Max Verstappen Juara Dunia di Formula 1 Arab Saudi
Reporter: Gooto.com
Editor: Rafif Rahedian
Selasa, 23 November 2021 16:47 WIB
Pembalap tim Red Bull Max Verstappen melakukan selebrasi setelah menjuarai Grand Prix Abu Dhabi, Sirkuit Yas Marina, Minggu 13 Desember 2020. (Pool via Reuters/Hamad I Mohammed)

GOOTO.COM, JakartaMax Verstappen memiliki peluang menghentikan dominasi Lewis Hamilton di Formula 1. Pembalap Red Bull Racing Honda bisa saja memastikan diri sebagai juara dunia di Formula 1 Arab Saudi dengan beberapa skenario.

Setidaknya ada empat skenario yang bisa menjadikan Verstappen sebagai juara baru F1. Dari keempat skema tersebut, rider asal Belanda ini tidak boleh finis di luar dua besar pada Sirkuit Jeddah Corniche, Arab Saudi.

Tak hanya itu, ia juga harus berharap agar rivalnya, Hamilton, tidak bisa menyelesaikan balapan di zona lima besar. Dengan begitu, Lewis Hamilton sudah dipastikan tak akan bisa mengejar raihan poin Verstappen.

Video first drive New Mitsubishi Xpander 2021:

Sebelum lebih jauh menjelaskan empat skenario tersebut, ada baiknya jika para pecinta balap mobil mengetahui kondisi klasemen Formula 1 saat ini. Diketahui bahwa Verstappen masih unggul di puncak klasemen sementara dengan torehan 351.5 poin.

Sedangkan Hamilton tepat berada di bawahnya dengan koleksi 343.5 poin. Dengan kata lain, dua pembalap papan atas ini hanya memiliki selisih delapan angka. Baik Verstappen maupun Hamilton, masih sama-sama memiliki peluang besar untuk keluar sebagai juara dunia.

Namun dalam kesempatan ini, redaksi Gooto.com bakal membahas peluang kemenangan Verstappen di Formula 1 Arab Saudi. Berikut ulasannya khusus bagi Anda para pecinta balap mobil:Max Verstappen dan Lewis Hamilton bersaing di Formula 1 2021. (instagram/@f1)

  1. Verstappen Juara dan Raih Fastest Lap, Hamilton P6

Skenario pertama yang bisa membuat Verstappen juara dunia F1 2021 adalah dengan memenangkan seri balapan GP Arab Saudi, ditambah meraih catatan fastest lap. Apabila skema itu berjalan dengan baik, Verstappen juga harus berharap Hamilton hanya mampu finis di P6 atau lebih buruk.

Dengan kemenangan dan raihan fastest lap, maka Verstappen bakal mendapatkan 25 poin + 1 poin. Secara total, ia bakal mengumpulkan 377.5 poin, sedangkan Hamilton hanya bisa menorehkan angka maskimal sebesar 351.5 poin.

  1. Verstappen Juara, Hamilton P7

Selanjutnya, Verstappen juga diwajibkan untuk menorehkan kemenangan di Formula 1 Arab Saudi, tanpa harus mendapatkan fastest lap. Namun dirinya juga harus mengharapkan Hamilton finis di P7 atau lebih buruk.

Dengan skenario seperti ini, Verstappen nantinya bakal mengoleksi 376.5 poin. Sedangkan rivalnya hanya mampu mengumpulkan poin maksimal sebesar 349.5. Dengan begitu, Verstappen bakal unggul 27 angka dan tak bisa lagi dikejar.

  1. Verstappen Runner-up dan Raih Fastest Lap, Hamilton P10

Apabila Verstappen tak bisa menjadi yang terdepan di Formula 1 Arab Saudi, maka dirinya masih bisa berpeluang menyegel gelar juara dunia. Itu bisa terjadi jika ia mampu menempati posisi kedua dan sukses meraih fastest lap.

Dirinya juga harus berharap Hamilton hanya bisa menempati peringkat 10 di Sirkuit Jeddah Corniche. Hasil ini hanya membuat rider Mercedes itu mengoleksi 344.5 poin. Sedangkan rivalnya mampu mendapatkan 370.5 poin.

  1. Verstappen Runner-up, Hamilton Tak Raih Poin

Skenario terakhir yang bisa membuat Verstappen menjadi juara dunia di Formula 1 2021 adalah, ia wajib meraih runner-up. Sedangkan Hamilton tidak boleh mendapatkan satu poin pun pada balapan nanti.

Dengan begitu, posisi puncak Verstappen tidak akan lagi terusik melalui perolehan 369.5 poin. Hamilton pun harus bertahan di peringkat kedua dengan koleksi poin yang tak berubah, yakni 343.5.

Sekedar informasi, Formula 1 Arab Saudi sendiri bakal berlangsung pada Senin dini hari WIB, 6 Desember 2021. Aritnya, Max Verstappen dan Lewis Hamilton masih memiliki waktu kurang lebih dua pekan untuk mempersiapkan diri menyambut balapan ini.

Baca: Klasemen Formula 1 2021: Lewis Hamilton Perlahan Mendekat ke Puncak

FORMULA 1

Selalu update info terkini. Simak breaking news dan berita pilihan dari Tempo.co di kanal Telegram “Tempo.co Update”. Klik https://t.me/tempodotcoupdate untuk bergabung. Anda perlu meng-install aplikasi Telegram

#Max Verstappen
#Formula 1
#Arab Saudi
#Lewis Hamilton
#F1

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi