Pastikan Sirkuit Mandalika Tak Terendam Banjir, Begini Penjelasan BPBD
Reporter: Antara
Editor: Rafif Rahedian
Rabu, 8 Desember 2021 09:23 WIB
Kru tim Pata Yamaha With Brixx WorldSBK membawa motor pembalapnya Toprak Razgatlioglu kembali ke paddock dari grid start saat hujan deras mengguyur Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, Sabtu 20 November 2021. Pelaksanaan balapan kelas WSBK ditunda sementara hingga kondisi lintasan dinilai aman untuk balapan. ANTARA FOTO/Andika Wahyu

GOOTO.COM, Jakarta - Badang Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB), memastikan bahwa Sirkuit Mandalika tidak terendam banjir. Meski curah hujan yang tinggi, namun hal itu tidak berdampakn untuk lintasan baru ini.

Banjir itu sendiri sebenarnya sudah melanda Desa Kuta, Kecamatan Pujut, Senin, 6 Desember 2021 akibat hujan lebat dan tertutupnya drainase dari tumpukan sampah. Meski begitu, Kepala BPBD Lombok Tengah, Ridwan Makruf memastikan wilayah Sirkuit Mandalikan aman.

“Genangan banjir itu hanya melanda rumah warga, kalau Sirkuit Mandalika tidak terdampak,” kata Ridwan seperti dikutip Gooto.com dari situs berita Antara hari ini, Rabu, 8 Desember 2021.

Lebih lanjut, dirinya menjelaskan bahwa ada tiga wilayah yang terdampak banjir, yakni Desa Kateng, Desa Kuta dan Desa Selong Belanak. Berdasarkan data sementara, hal itu terjadi karena air laut naik.

“Selain banjir, tebing di Desa Selong Belanak longsor, namun akses jalan saat ini telah nomal. Begitu juga dengan banjir telah surut malam itu juga,” lanjut Ridwan menambahkan.

Sementara itu, seorang warga Desa Kuta, Amaq Jus mengatakan bahwa banjiritu terjadi karena dua faktor. Pertama, karena curah hujan tinggi. Dan kedua, karena drainase di depan Sirkuit Mandalika tertutup oleh sampah.

Menurut laporan Antara, Sirkuit Mandalika masih aman dari jangkauan banjir. Hanya saja, terlihat tumpukan sampah dan bekas lumpur di beberapa titik saluran drainase Pertamina Mandalika International Street Circuit.

Baca: Polda NTB Minta Pihak Promotor Balapan Matangkan Pengamanan MotoGP Mandalika

Selalu update info terkini. Simak breaking news dan berita pilihan dari Tempo.co di kanal Telegram “Tempo.co Update”. Klik https://t.me/tempodotcoupdate untuk bergabung. Anda perlu meng-install aplikasi Telegram

#Sirkuit Mandalika
#Banjir
#BPBD
#Hujan
#Pertamina Mandalika International Street Circuit

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi