Dua Bos Formula Satu Diminta Mundur
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Senin, 5 Januari 2009 11:30 WIB
TEMPO Interaktif, London: Mantan juara Formula Satu (F1) Sir Jackie Stewart mengecam para petinggi F1, Bernie Ecclestone dan Max Mosley, dalam wawancara Senin (5/1). Stewart juga meminta Ecclestone dan Mosley mundur.

Dalam wawancara dengan The Times, Stewart menilai Ecclestone, pemegang hak siar di F1, sudah terlalu berkuasa dan terlalu dekat dengan Mosley, presiden badan penyelenggara F1, FIA.

Menurut Stewart, Ecclestone berperan besar membawa Formula Satu sampai seperti sekarang. Ecclestone dianggap berkuasa di Formula Satu sehingga tidak ada orang yang berani menentangnya. Salah satu rencana F1 yang dinilai kontroversial adalah rencana penerapan mesin standar bagi semua tim F1.

"Bernie memiliki kekuatan dan pengaruh yang membuatnya bisa menelan hampir semua pembalap yang berani menyarankan agar dilakukan perubahan," ujar Stewart. Stewart juga mengeluhkan tidak adanya rencana Ecclestone, 78 tahun, untuk pensiun.

Stewart juga mengecam pembagian penghasilan dari hasil balapan Formula Satu. Menurut Stewart, para tim Formula Satu seharusnya mendapat bagian yang lebih besar. Stewart juga menilai tidak adanya orang yang berani mengkritik berbagai peraturan di Formula Satu menunjukkan bahwa lingkungan di Formula Satu tidak sehat.

AFP| KODRAT SETIAWAN

#F1

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi