Ford Hadirkan Mobil Pertama Berbahan Plastik Daur Ulang
Reporter: Gooto.com
Editor: Rafif Rahedian
Kamis, 9 Desember 2021 14:25 WIB
Ford Bronco 2021 Sport. Foto: Ford.com
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, JakartaFord telah menghadirkan mobil pertama yang menggunakan 100 persen plastik daur ulang laut. Model Bronco menjadi produksi pertama mereka menggunakan suku cadang berbahan dasar limbah plastik.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Menurut laporan Hindustan Times, komponen wiring harness clips yang ada di Ford Bronco terbuat dari plastik yang dipanen dari laut. Hal ini pun membuat perusahaan bisa menghemat biaya hingga 10 persen.

Kekuatan dan daya tahan komponen berbahan plastik daur ulang ini diketahui sama dengan suku cadang berbahan dasar minyak bumi. Wiring harness clips mobil ini diketahui memiliki berat sekitar lima gram dan tahan lama, meskipun terkena air asin dan sinat matahari.

“Meskipun klip ini kecil, itu adalah langkah pertama yang penting dalam eksplorasi kami untuk menggunakan plastik laut daur ulang untuk suku cadang tambahan di masa depan,” kata wakil presiden penelitian, Jim Buczkowski, dikutip dari Hindustan Times.

Kendati Ford Bronco ini merupakan mobil pertama yang dibuat dengan bahan plastik daur ulang laut, namun mereka sebelumnya pernah memanfaatkan limbah untuk memproduksi suku cadang otomotif. Ford diketahui pernah menggunakan botol air daur ulang untuk menciptakan pelindung bagian bawah bodi mobil Ford Escape 2020.

Melihat inisiatif ini, Ford mengatakan bahwa ada peluang baru di tingkat global untuk mengurangi sampah laut. Mereka mengklaim akan terus menambah suku cadang berbahan plastik daur ulang, seperti braket transmisi, floor side rails dan wire shield.

Baca: Seorang Bayi Selamat dari Kecelakaan Horor antara McLaren dengan Ford

HINDUSTAN TIMES

Selalu update info terkini. Simak breaking news dan berita pilihan dari Tempo.co di kanal Telegram “Tempo.co Update”. Klik https://t.me/tempodotcoupdate untuk bergabung. Anda perlu meng-install aplikasi Telegram

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi