Lewis Hamilton Kalah dari Verstappen, Mercedes Protes Hasil Formula 1 Abu Dhabi
Reporter: Gooto.com
Editor: Rafif Rahedian
Senin, 13 Desember 2021 10:00 WIB
Lewis Hamilton. REUTERS/Ahmed Jadallah

GOOTO.COM, Jakarta - Tim pabrikan Mercedes dikabarkan memprotes hasil Formula 1 Abu Dhabi, Minggu malam WIB, 12 Desember 2021. Itu mereka lakukan setelah Lewis Hamilton dikalahkan Max Verstappen pada seri balapan terakhir F1.

Menurut laporan Crash.net, Mercedes mengkritik kemunculan safety car di Sirkuit Yas Marina, Abu Dhabi. Mereka menganggap bahwa safety car itu terlambat hadir untuk menangani insiden yang dialami Nicholas Latifi (William Mercedes).

Mercedes tidak terima dengan hasil Formula 1 Abu Dhabi karena alasan protokol safety car tidak diikuti. Dalam aturan FIA pasal 48.12, semua pembalap tidak diizinkan untuk melepaskan diri dari posisi awal sebelum kemunculan safety car.

Seperti yang diketahui, Hamilton harus kehilangan posisi terdepan di Sirkuit Yas Marina sesaat setelah safety car muncul. Itu terjadi karena ban Hamilton aus dan akhirnya tersusul oleh Verstappen.

Masih dari laporan yang sama, Mercedes dikabarkan telah mengajukan protes kedua kepada FIA terhadap Verstappen atas dugaan menyalip Hamilton sebelum jalur safety car dimulai kembali.

Hasil Formula 1 Abu Dhabi sendiri dimenangkan oleh Verstappen dengan catatan waktu 1 jam 30 menit 17.345 detik. Dirinya mampu tampil lebih cepat 2.256 detik dari Hamilton.

Dengan begitu, Verstappen berhasil merebut gelar juara pertamanya di Formula 1. Verstappen juga menjadi sejarah baru bagi negaranya, di mana ia menjadi orang Belanda pertama yang memenangkan F1.

Baca: Lewis Hamilton Tak Berencana Melakukan Taktik Towing di Formula 1 Abu Dhabi

CRASH.NET

Selalu update info terkini. Simak breaking news dan berita pilihan dari Tempo.co di kanal Telegram “Tempo.co Update”. Klik https://t.me/tempodotcoupdate untuk bergabung. Anda perlu meng-install aplikasi Telegram

#Mercedes
#Lewis Hamilton
#Max Verstappen
#Formula 1 Abu Dhabi
#F1
#Formula 1

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi