Langkah-langkah Mendongkrak Mobil dengan Baik dan Benar
Reporter: Gooto.com
Editor: Rafif Rahedian
Jumat, 24 Desember 2021 13:28 WIB
Dongkrak mobil. (Foto: Suzuki)

GOOTO.COM, Jakarta - Juara Umum Kejurnas Sprint Rally 2021, Rifat Sungkar turut memberikan tips kepada para pengguna mobil tentang bagaimana cara mendongkrak kendaraan dengan baik dan benar. Itu ia utarakan saat menghadiri acara virtual bersama Mitsubishi Indonesia.

Menurutnya, langkah pertama adalah mencari tempat datar. Apabila posisinya sedikit menanjak atau menurun, maka pengguna mobil lebih baik mencari tempat lain yang sesuai.

“Kenapa? (Karena) dongkrak biasa nempel ke permukaan, sedikit ada gerakan, maka dongkrak akan jatuh,” jelas Brand Ambassador Mitsubishi Indonesia beberapa hari lalu.

Rifat Sungkar juga menjelaskan bahwa pengendara mobil menarik rem tangan dan memasukkan gigi. Hal tersebut dilakukan agar penggerak roda depan ngerem dan tidak ada pergerakan sama sekali.

“Ketiga, jangan panik. Caranya adalah keluarkan semua peralatan dongkrak, putaran dongkrak, kunci roda, ban serep, semua keluarkan dulu, taruh di sebelah ban yang pecah,” katanya menjelaskan.

Dalam penempatan posisi dongkrak, Rifat menyarankan kepada pengendara mobil untuk menaruh di tempat yang pas. Ia menerangkan bahwa dongkrak seharusnya diposisikan di bagian pelipir tulang.

“Posisinya di mana? Jika yang pecah ban depan, kira-kira satu jengkal sepatbor depan, sudah boleh didongkrak. Kalau dua jengkal, tetap boleh itu jarak maksimal. Tapi dua jengkal adalah titik berat. Karena depan dan belakang naik. Usahakan satu jengkal dari sepatbor. Belakang juga begitu, usahakan satu jengkal,” terangnya.

Langkah selanjutnya, biarkan posisi dongkrak seperti itu dan mulai mengendurkan baut roda. Cara yang paling tepat adalah membukanya secara silang atau layaknya huruf X, bukan seperti arah jarum jam.

“Cabut ban, ketika cabut jangan biarkan baut roda dimana-mana. Taruh di satu tempat. Kalau memasang ban gede, lebih baik posisi duduk, setelah itu pasang dan kencangkan baut tapi jangan teralu kencang,” tutup dia.

Baca: Tips Merawat Mobil Bermesin Turbo, Perhatikan Tingkat Kepanasannya!

Selalu update info terkini. Simak breaking news dan berita pilihan dari Tempo.co di kanal Telegram “Tempo.co Update”. Klik https://t.me/tempodotcoupdate untuk bergabung. Anda perlu meng-install aplikasi Telegram

#Mobil
#Tips
#Rifat Sungkar
#Mitsubishi
#Pengendara Mobil

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi