Kaleidoskop 2021 MotoGP: Indonesia Ditunjuk Jadi Tuan Rumah, Rossi Pensiun
Reporter: Gooto.com
Editor: Rafif Rahedian
Senin, 27 Desember 2021 15:14 WIB
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - MotoGP musim ini menghadirkan beberapa momen yang mungkin tidak akan terlupakan bagi para pecinta balap motor. Maka dari itu beberapa momen ini mungkin layak untuk masuk dalam daftar kaleidoskop 2021.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Salah satu momen yang mungkin bakal diingat publik adalah keputusan Valentino Rossi yang memilih pensiun di musim ini. Langkah itu diambil setelah dirinya tak bisa berbuat banyak di lintasan dalam beberapa musim terakhir.

Berikut redaksi Gooto.com merangkum peristiwa penting yang masuk dalam kaleidoskop 2021 MotoGP musim ini:

Marc Marquez Comeback

Marc Marquez (Repsol Honda) kembali ke ajang MotoGP setelah absen panjang akibat cedera parah yang ia alami. Penampilannya pun terbilang masih mengalami kesulitan untuk bersaing dengan para kontestan lain.

Ia bahkan harus mengalami crash sebanyak tiga kali secara beruntun pada seri MotoGP Prancis, MotoGP Italia dan MotoGP Catalunya. Barulah setelah itu, Marquez sukses keluar sebagai juara MotoGP Jerman.

Sepanjang MotoGP 2021, Marquez diketahui hanya mampu naik podium sebanyak empat kali. Tiga kesempatan lainnya ia dapatkan saat menjadi runner-up di MotoGP Aragon serta menjuarai seri MotoGP Amerika dan MotoGP Emilia-Romagna.

Kabar terakhir, pembalap berkebangsaan Spanyol tersebut kembali mengalami cedera. Kondisi ini membuat Marqeuz harus kembali absen dalam dua seri balapan terakhir MotoGP 2021.

Fabio Quartararo Juara Perdana

Fabio Quartararo berhasil keluar sebagai juara dunia MotoGP musim ini setelah menyelesaikan balapan seri Emilia Romagna, Minggu, 24 Oktober 2021. Meski tak masuk podium di Sirkuit Misano, namun posisi puncaknya di klasemen tak bisa lagi diusik.

Quartararo mampu keluar sebagai juara sebanyak lima kali, yakni di GP Doha, GP Portugal, GP Italia, GP Belanda dan GP Inggris. Secara total, dirinya mampu naik ke atas podium sebanyak 10 kali di musim ini. Meski menyisakan dua balapan lagi, torehan 267 poinnya sudah tak mungkin tersentuh pembalap lain.

Ini pun menjadi gelar juara pertamanya di pentas GP. Hasil ini juga membuat Quartararo memberikan gelar juara pertama bagi Yamaha, setidaknya sejak 2015. Sekedar informasi, tim pabrikan Yamaha terakhir kali menjuarai MotoGP di musim 2015, bersama dengan Maverick Vinales.

Valentino Rossi Pensiun

MotoGP Valencia merupakan seri terakhir musim ini sekaligus seri perpiasahan bagi juara dunia sembilan kali asal Italia, Valentino Rossi. Bahkan tagar #GrazieVale membanjiri sosial media dalam sepekan terakhir.

Pada penampilan terakhirnya, Rossi berpamitan dengan para fans yang mengenakan atribut dan mengibarkan bendera kuning bernomor 46 di tribun. Bagnaia, dan sejumlah anak didik Rossi di Akademi VR46 seperti Franco Morbidelli, Luca Marini, dan Enea Bastianini, melakukan penghormatan terakhir kepada sang mentor dengan mengenakan helm replika berlivery khusus bertemakan nomor 46.

Sirkuit Mandalika Resmi Masuk Agenda MotoGP 2022

Dorna secara resmi mengumumkan bahwa Sirkuit Mandalika bakal menjadi tuan rumah MotoGP musim depan. Nantinya gelaran balap kelas dunia ini akan berlangsung di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), pada 18-20 Maret 2022.

Pengumuman ini pun disambut dengan positif oleh Direktur Strategi dan Komunikasi Mandalika Grand Prix Association (MGPA), Happu Harinto. Menurutnya, ajang ini bisa mendorong sektor pariwisata di Indonesia.

Sementara itu, Managing Director Dorna Sport, Carlos Ezpeleta juga ikut memberikan komentar terkait masuknya Sirkuit Mandalika dalam agenda MotoGP 2022. Dirinya mengucapkan terima kasih kepada pemerintah Indonesia yang mampu mewujudkan ajang ini

Baca:

Selalu update info terkini. Simak breaking news dan berita pilihan dari Tempo.co di kanal Telegram “Tempo.co Update”. Klik https://t.me/tempodotcoupdate untuk bergabung. Anda perlu meng-install aplikasi Telegram

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi