Kaleidoskop 2021 Formula 1: Hamilton Blunder, Max Verstappen Juara Dunia
Reporter: Gooto.com
Editor: Rafif Rahedian
Kamis, 30 Desember 2021 14:10 WIB
Mobil pembalap Red Bull Max Verstappen bersenggolan dengan mobil pembalap Mercedes Lewis Hamilton pada balapan GP Arab Saudi di Sirkuit Jeddah Corniche, Jeddah, Arab Saudi, 6 Desember 2021. REUTERS/Ahmed Yosri

GOOTO.COM, JakartaFormula 1 2021 telah berakhir dengan persaingan ketat antara Lewis Hamilton (Merecedes) dan Max Verstappen (Red Bull Racing Honda). Keduanya diketahui harus berjuang mendapatkan gelar juara hingga seri terakhir F1.

Sebagai salah satu musim paling seru di era modern, Formula 1 2021 menyisakan beberapa momen-momen penting yang mungkin tak akan terlupa. Kejadian itu nantinya akan dirangkum ke dalam kaleidoskop 2021 Formula 1 versi Gooto.com.

Berikut redaksi Gooto.com merangkum peristiwa atau momen-momen penting yang masuk dalam kaleidoskop 2021 Formula 1 musim ini:

Lewis Hamilton Blunder di Formula 1 Azerbaijan

Lewis Hamilton diketahui melakukan blunder saat tampil di Formula 1 Azerbaijan 2021. Itu terjadi ketika dirinya salah menekan tombol di tengah-tengah balapan sehingga membuatnya gagal juara.

Saat Verstappen sudah dipastikan mengalami kecelakaan di sisa enam lap terakhir, Hamilton justru tidak bisa memanfaatkan peluang tersebut. Ia malah menekan tombol setir terkunci, sehingga dirinya hanya bisa finis di posisi ke-15.

Verstappen dan Hamilton Bersenggolan di Formula 1 Inggris

Verstappen dan Hamilton memang kerap kali terlibat dalam senggolan di sejumlah lintasan pada Formula 1 2021. Itu tak terlepas dari persaingan ketat mereka dalam memperebutkan gelar juara F1 musim ini.

Pada Formula 1 Inggris, keduanya terlibat senggolan dan insiden ini pun menguntungkan Hamilton. Mengingat, Vrestappen harus tersingkir dan dilarikan ke rumah sakit. Sedangkan Hamilton dipastikan keluar sebagai juara.

Verstappen Lindas Mobil Hamilton

Selain senggolan di GP Inggris, Verstapen dan Hamilton kembali terlibat dalam crash mengerikan pada seri balapan Formula 1 Italia. Bahkan mobil Verstappen harus melindas jet darat milik Hamilton.

Itu terjadi ketika Hamilton tidak memberikan celah sedikitpun kepada Verstappen untuk menyalip. Akan tetapi pembalap Belanda itu justru memaksanya sehingga tabrakan tak terhindarkan. Keduanya pun gagal menyelesaikan balapan.

Kekacauan di Formula 1 Hungaria

Kekacauan sempat terjadi di Formula 1 Hungaria 2021. Bagaimana tidak, seri balapan ini tidak dimenangkan oleh dua pembalap teratas, yakni Verstappen dan Hamilton.

Kekacauan di Sirkuit Hungaroring ini diawali setelah Valtteri Bottas, Lando Norris dan Sergio Perez terlibat insiden di Tikungan pertama. Alhasil, Esteban Ocon pun berhasil memenangkan balapan, sedangkan Hamilton terlempar ke barisan belakang.

Lewis Hamilton Bangkit

Setelah menelan kekalahan di Amerika dan Meksiko, Hamilton tertinggal cukup jauh dari Verstappen. Namun seri balapan Formula 1 Brasil menjadi titik balik sang pembalap, di mana ia mampu bangkit dari keterpurukan.

Meski kerapk kali diberikan penalti dan start di posisi tidak favorit, Hamilton tetap mampu keluar sebagai juara di Sao Paulo. Setelah itu, dirinya pun berhasil mengantongi dua kemenangan beruntun lagi, yakni di GP Qatar dan GP Arab Saudi.

Max Verstappen Cetak Sejarah

Meski dalam beberapa seri terakhir Hamilton mendominasi balapan, namun Max Verstappen mampu keluar sebagai jura di seri terakhir. Hasil ini membuatnya mencatatkan sejarah baru di pentas Formula 1.

Bagaimana tidak, ini merupakan gelar juara dunia pertamanya di sepanjang sejarah Formula 1. Verstappen juga diketahui menjadi oleh Belanda pertama yang berhasil mengantongi gelar juara F1.

Baca: Kaleidoskop 2021 MotoGP: Indonesia Ditunjuk Jadi Tuan Rumah, Rossi Pensiun

Selalu update info terkini. Simak breaking news dan berita pilihan dari Tempo.co di kanal Telegram “Tempo.co Update”. Klik https://t.me/tempodotcoupdate untuk bergabung. Anda perlu meng-install aplikasi Telegram

#Kaleidoskop 2021
#Formula 1
#Lewis Hamilton
#Max Verstappen
#F1

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi