Street Circuit, Sebagian Kesenangan Ngebut di Jalan Umum
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Senin, 12 Januari 2009 00:52 WIB
TEMPO Interaktif, Jakarta: "Ada dua kilometer yang masih harus diselesaikan,” ungkap penyelenggara balap A1 seri Indonesia Jumat (9/1) soal Street Circuit (lintasan balap kombinasi sirkuit dan jalan umum) pertama di Indonesia di kompleks Lippo Karawaci.

Gordon Benton ketua komite penyelenggara balapan itu menandai ruas sirkuit yang dimaksud pada denah sirkuit, “Ini yang merupakan jalan raya, sedangkan sisanya adalah murni sirkuit,” terangnya sambil mengguratkan pulpen pada ruas jalan di belakang Lippo LippoSupermal dan di depan kompleks universitas Pelita Harapan.

Lippo Village Street Circuit, yang sampai saat ini sudah rampung 75 persen, adalah lintasan balap sepanjang 3,2 kilometer kombinasi jalan umum dan lintasan balap pertama di Indonesia, ke-lima di Asia dan ke-tiga puluh sekian di dunia. Bahkan Jepang belum memiliki sirkuit semacam itu.

Di sisi Selatan terdapat padang golf Karawaci, di sisi timur ada lapangan sepakbola, lintasan balap itu “meminjam” jalan umum dan menyelinap di antara gedung-gedung di Karawaci Cyber Park, yang menurut Benton akan memberikan “kesenangan lebih besar” dibanding balapan di sirkuit konvensional.

Alasan itu pula yang menurut Benton membuat lintasan itu diajukan sebagai lokasi dibanding Sirkuit Sentul, yang pernah mengadakan dua balap A1 musim 2005-2006 dan 2006-2007.

Sirkuit jalanan kedua di Asia itu dirancang oleh Herman Tilke, arsitek Jerman yang merancang, di antaranya, Sirkuit Sepang di Malaysia dan Marina Bay Street Circuit di Singapura.

Terdapat 12 tikungan pada lintasan itu di mana pembalap bisa melaju dengan kecepatan rata-rata 176 kilometer per jam dan maksimum hingga 308 kilometer per jam. Rencananya Federasi Olahraga Otomotif (FIA) akan mengkategorikan lintasan balap itu dalam golongan dua, walaupun tidak diproyeksikan menjadi lintasan balap permanen.

A1GP | WIKIPEDIA | RONALD

#Otomotif
#Balap Mobil

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi