Jalan Raya di Depan Sirkuit Mandalika Dibuat 4 Jalur, Butuh Rp 141 M
Reporter: Gooto.com
Editor: Rafif Rahedian
Rabu, 12 Januari 2022 14:00 WIB
Foto udara tikungan ke 17 lintasan Pertamina Mandalika International Street Circuit saat matahari terbenam di KEK Mandalika, Kuta, Praya, Lombok Tengah, NTB, Kamis 14 Oktober 2021. Pembelian tiket untuk event World Superbike secara resmi dibuka pada 18 Oktober 2021 secara online maupun ofline dengan syarat sudah dua kali vaksin COVID-19. ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi

GOOTO.COM, Jakarta - Bupati Lombok Tengah H. L. Pathul Bahri menjelaskan bahwa pihaknya bakal melebarkan jalan raya di depan Sirkuit Mandalika dengan biaya sebesar Rp 141 miliar. Nantinya, jalan di depan Pertamina Mandalika International Street Circuit dipastikan menjadi empat jalur.

Pathul Bahri menjelaskan bahwa pelebaran jalan menjadi empat jalur ini akan sama seperti jalan Bypass Mataram-Bandara Internasional Lombok. Langkah ini diambil tentunya karena satu alasan.

“Pelebaran jalan menjadi empat lajur ini untuk mendukung ajang MotoGP Sirkuit Mandalika yang digelar pada Maret 2022,” ujar Pathul Bahri seperti dikutip Gooto.com dari situs berita Antara hari ini, Rabu, 12 Januari 2022.

Ini merupakan langkah prioritas bagi pemerintah Lombok untuk bisa menyelesaikan pembangunan jalan raya sebelum 18 Maret 2022. Nantinya pelebaran jalan itu bakal dibagi menjadi tiga segmen.

“Prioritas pembangunan penunjang jalan menuju Sirkuit Mandalika yang akan dikerjakan saat ini di segmen, dua depan pintu masuk Sirkuit Mandalika sepanjang 1,65 km, akan dibangun menjadi empat lajur. Target proyek pembangunan jalan itu tuntas sebelum MotoGP 2022 digelar,” lanjut dia.

Sekedar informasi, penanganan untuk segmen satu bakal dilakukan dari Bundaran Triputri menuju Masjid Nurul Bilad dengan panjang 1,85 km. Sedangkan segmen tiga dari Bundaran Soggong jalan Bypass Mandalika sampai depan Sirkuit Mndalika sepanjang 2 km akan dilaksanakan setelah MotoGP Indonesia selesai.

“Pelebaran jalan di segmen satu dan dua itu hanya akan dilakukan land clearing, sehingga arus lalu lintas tetap menggunakan dua lajur,” tambah dia.

Bupati juga menjelaskan bahwa biaya pembangunan jalan raya ini nantinya bakal ditangani oleh pemerintah pusat melalui Kementerian PUPR. “Total anggaran yang dibutuhkan untuk pembangunan pelebaran jalan depan Sirkuit Mandalika tersebut Rp 141 miliar,” tutupnya.

Baca: ITDC dan Pemerintah Sulsel Berkolaborasi Menyambut MotoGP Mandalika

ANTARA

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto.

#Sirkuit Mandalika
#jalan raya
#MotoGP Mandalika
#MotoGP Indonesia
#MotoGP

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi