Sandiaga Uno Percaya MotoGP Mandalika Bisa Mendorong Kinerja UMKM Lokal
Reporter: Antara
Editor: Rafif Rahedian
Rabu, 12 Januari 2022 09:30 WIB
Menparekraf Sandiaga Uno saat meninjau Sirkuit Mandalika, Jumat, 5 November 2021. Dok. Kemenparekraf

GOOTO.COM, Jakarta - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno baru-baru ini menjelaskan betapa pentingnya dampak MotoGP Mandalika. Menurutnya, ajang balap motor itu bisa mendorong kinerja UMKM lokal.

Hal itu diucapkan langsung oleh Sandiaga Uno saat menghadiri Rapat Sinkronisasi Panitia Nasional Penduung Penyelenggaraan MotoGP 2022 di Jakarta. Ia beranggapan bahwa euforia penonton bakal lebih banyak ketimbang WorldSBK Mandalika kemarin.

Mengingat, beberapa pihak memprediksikan bahwa akan ada lebih dari 100 ribu orang yang hadir di Sirkuit Mandalika. Ketua BPPD Sulses Andry Arief Bulu memperkirakan bakal ada sebanyak 120.000 penonton MotoGP Mandalika.

“MotoGP sangat bermanfaat bagi ekonomi masyarakat setempat terutama UMKM. Ini yang dipastikan, dan pemerintah memberikan perhatian khusus,” ucap Sandiaga Uno seperti dikutip Gooto.com dari situs berita Antara.

Dalam usaha mendorong UMKM lokal, Menparekraf nantinya bakal berbagi tugas dengan usaha mirko kecil (UKM) dan Kementerian Koperasi. Dirinya juga bakal merangkul pihak-pihak lain untuk mempromosikan UMKM lokal.

“Kemenparekraf akan menangani dari sisi digital dan promosi, sementara Kementerian Koperasi dan UKM menangani fisik dan dibantu serta dikurasi oleh Bank Indonesia. Nantinya, kita fasilitasi UMKM yang ada di NTB, UMKM yang berada di 5 DSP (Destinasi Super Prioritas) dan UMKM lainnya,” lanjut dia.

Baca: Sambut MotoGP Mandalika, Kapasitas Bandara Lombok Praya Ditingkatkan

ANTARA

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto.

#MotoGP Mandalika
#Sandiaga Uno
#UMKM
#Menparekraf
#Kemenparekraf
#Sirkuit Mandalika

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi