Sambut MotoGP Mandalika, Kapasitas Bandara Lombok Praya Ditingkatkan
Reporter: Antara
Editor: Rafif Rahedian
Minggu, 9 Januari 2022 10:12 WIB
Susana di Bandara Internasional Lombok, NTB, seusai acara World Superbike 2021 di Sirkuit Mandalika. Dok. PT Angkasa Pura I - Bandara Internasional Lombok

GOOTO.COM, Jakarta - PT Angkasa Pura I dikabarkan telah melakukan pengembangan Bandara Lombok Praya. Langkah itu diambil untuk menyambut ajang balap dunia MotoGP Mandalika pada 18-20 Maret 2022.

Ini merupakan bentuk Angkasa Pura dalam mendukung perhelatan MotoGP 2022 di Sirkuit Mandalika. Mereka diketahui meningkatkan kapasitas penumpang di Bandara Lombok Praya.

Tak hanya itu, pengembangan lainnya yang dilakukan Angkasa Pura I adalah perluasan apron, perpanjangan landas pacu (apron) dan pengembangan fasilitas kargo. Hal itu dibenarkan langsung oleh Direktur Utama PT Angkasa Pura I Farik Fahmi.

“Dengan pengalaman menyambut peserta, ofisial, penonton dan penanganan kargo ajang WSBK 2021, kami yakin penyambutan untuk MotoGP tahun ini dapa berjalan lancar,” kata Fahmi, dikutip dari Antara.

Bandara Lombok Praya sendiri saat ini telah diperluas menjadi 43.501 meter persegi dan mampu menampung 7 juta penumpang per tahun. Sebelumnya, tempat ini hanya seluas 24.123 meter persegi dengan kapasitas 3,25 juta orang per tahun.

Saat ini apron Bandara Lombok Praya sudah bisa menampung 16 pesawat dengan konfigurasi 10 pesawat narrow body dan enam pesawat wide body. Landas pacunya juga diketahui sudah mampu mengoperasionalkan pesawat berbadan lebar sekelas Boeing 777.

Angkasa Pura juga dikabarkan bakal memanfaatkan momen MotoGP Mandalika untuk mempromosikan UMKM Nusa Tenggara Barat (NTB) di Bandara Lombok. “Dukungan layanan logistic dan ritel juga diberikan oleh Angkasa Pura Logistik dan Angka Pura Retail yang menjadi daya dukung untuk Bandara Lombok,” kata Fahmi.

Baca: Bupati Lombok Tengah Bicara 3 Poin Penting untuk Sambut MotoGP Mandalika

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto.

#MotoGP Mandalika
#Bandara Lombok
#Sirkuit Mandalika
#MotoGP 2022
#Angkasa Pura
#PT Angkasa Pura I

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi