Bocoran Perubahan Sirkuit Sentul yang Bakal Setara Sirkuit Mandalika
Reporter: Gooto.com
Editor: Rafif Rahedian
Rabu, 5 Januari 2022 20:00 WIB
Iring-iringan Presiden Joko Widodo saat menjajal lintasan Sirkuit Sentul, Bogor, 6 Maret 2018. TEMPO/Ahmad Faiz.

GOOTO.COM, JakartaSirkuit Sentul dikabarkan bakal didesain ulang dan direnovasi untuk menyambut ajang internasional. Kabar itu muncul dari komentar Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil beberapa waktu lalu.

Langkah ini diambil karena menurut Ridwan Kamil, Sirkuit Sentul adalah lintasan bersejarah. Bagaimana tidak, lintasan balap di wilayah Bogor ini sempat menggelar MotoGP pada 1966-1997 silam.

Pria yang akran disapa Kang Emil ini juga menyebutkan bahwa Sirkuit Sentul bakal direnovasi sesuai dengan standar internasional. Dengan begitu, Indonesia nantinya akan memiliki dua lintasan balap menenami Sirkuit Mandalika, Lombok.

“Tahun depan sirkuit ini akan direvitalisasi dan didesain ulang sehingga akan Reborn menjadi salah satu sirkuit internasional terbaik di dunia menemani Mandalika,” kata Ridwan Kami di akun Instagram pribadinya beberapa pekan lalu.

Kabar beredar bahwa Sirkuit Sentul baru ini bakal memperlihatkan beberapa perubahan, khususnya pada trek. Beberapa laporan menyebutkan bahwa lintasannya bakal lebih panjang dari sebelumnya.

Sirkuit Sentul sebelumnya diketahui memiliki panjang lintasan 3,965 km. Dengan adanya renovasi yang dilakukan pemerintah Jawa Barat nanti, treknya akan lebih panjang menjadi 4,198 km.

Tak hanya itu, jumlah tikungan Sirkuit Mandalika pun dikabarkan juga bakal bertambah. Sekedar mengingatkan kembali, saat ini Sirkuit Sentul masih memiliki 14 tikungan, dengan rincian kanan 9 dan kiri 5.

Bukan sekedar merenovasi treknya, namun Sirkuit Sentul juga dikabarkan bakal berganti nama. Ridwan Kamil menjelaskan bahwa nama baru lintasan ini adalah West Java Sentul International Circuit.

Baca: Bakal Hadirkan Event Internasional, Ridwan Kamil: Sirkuit Sentul Akan Direnovasi

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto.

#Sirkuit Sentul
#Sirkuit Mandalika
#Ridwan Kamil
#Lintasan
#Bogor

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi