Tips Berkendara Sepeda Motor yang Hemat Bahan Bakar
Reporter: Dicky Kurniawan
Editor: Rafif Rahedian
Kamis, 13 Januari 2022 12:00 WIB
Pemudik berkendaraan sepeda motor melintasi kawasan Simpang Jomin, Purwakarta, Jawa Barat, Kamis, 16 Juli 2015. TEMPO/Dhemas Reviyanto
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, JakartaSepeda motor yang irit menjadi dambaan semua pemilik kendaraan. Selain tidak repot bolak-balik pom bensin, motor yang irit juga dapat menghemat pengeluaran untuk membeli bahan bakar.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Namun perlu diketahui, bahwa keiritan sebuah sepeda motor tidak semata-mata dipengaruhi dari spesifikasi kendaraan. Faktor lain yang memengaruhi keiritan sepeda motor adalah dari cara mengendarainya.

Berikut adalah tips berkendara hemat BBM menggunakan sepeda motor, dilansir dari laman Wahana Honda hari ini, Rabu, 12 Januari 2022.

1. Cek Tekanan Ban

Pastikan kondisi angin ban sesuai dengan rekomendasi, tidak terlalu kencang atau terlalu kempis. Pengiritan bahan bakar bisa dimaksimalkan saat kondisi ban berada di tekanan maksimum. Ban dengan tekanan ideal akan membantu motor melaju dengan lancar dan tidak ada hambatan yang membuat mesin bekerja lebih keras yang bisa bikin BBM menjadi boros.

2. Hindari Bawa Muatan Berlebih

Saat mengendarai sepeda motor, hindari membawa muatan yang berlebihan. Sarat muatan merupakan musuh terbesar dalam efisiensi bahan bakar. Pasalnya, semakin banyak beban yang ada di motor, akan membuat mesin bekerja lebih keras. Singkirkan barang-barang yang tidak terlalu penting untuk mengurangi beban motor.

3. Kecepatan Stabil

Jika sepeda motor ingin irit saat digunakan, hindari menggeber atau memacu kendaraan secara berlebihan. Akselerasi motor yang tiba-tiba akan membuat bensin menjadi boros. Disarankan untuk berkendara dengan kecepatan yang stabil dan sesuai dengan standar aturan hukum di Indonesia.

4. Lakukan Servis Berkala

Kondisi motor dapat memengaruhi keiritan bahan bakar. Oleh sebab itu pemilik kendaraan perlu melakukan servis berkala untuk memastikan kondisi motor dalam keadaan prima.

Jika oli sudah kotor, segera ganti karena hal tersebut menghalangi upaya menghemat bahan bakar karena mesin akan bekerja lebih keras dan sirkulasi udara dalam mesin menjadi tidak bagus.

Baca: 5 Tips Keselamatan Berkendara di Awal Tahun 2022

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto.

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi