5 Juara MotoGP dengan Poin Terbanyak, Ada yang Pernah Tampil di MotoGP Indonesia
Reporter: Gooto.com
Editor: Rafif Rahedian
Sabtu, 22 Januari 2022 17:01 WIB

GOOTO.COM, JakartaMotoGP 2022 telah dijadwalkan hadir pada 6 Maret mendatang. Sirkuit Losail, Qatar, bakal membuka ajang balap motor musim baru ini. Setelah itu, MotoGP Indonesia akan dimainkan pada 20 Maret 2022.

Para pembalap MotoGP nantinya akan lebih dulu menjalani sesi tes di Sirkuit Sepang, Malaysia, dan Sirkuit Mandalika, Indonesia. Nantinya, masing-masing tes akan dimainkan secara berurutan pada 5 Februari 2022 dan 11 Februari 2022.

Sebelum akhirnya menyaksikan MotoGP 2022, ada baiknya jika melihat sejarah yang terjadi dalam ajang ini. Salah satu sejarah yang akan dibahas adalah lima juara MotoGP yang berhasil mengumpulkan poin paling banyak.

Dari kelima nama tersebut, nyatanya ada dua pembalap yang pernah tampil di MotoGP Indonesia. Untuk lebih lengkapnya, berikut redaksi Gooto.com merangkum 5 juara MotoGP dengan torehan poin terbanyak dalam satu musim:

  1. Mick Doohan – 340 Poin

Mick Doohan menjadi nama pertama yang berhasil mengumpulkan poin terbanyak dalam satu musim. Itu terjadi pada musim 1997, di mana ia mampu mengoleksi 304 poin sepanjang kompetisi.

Dalam musim tersebut, nyatanya seri MotoGP Indonesia juga dilangsungkan. Saat tampil di Sirkuit Sentul, Doohan mampu menempati podium kedua setelah kalah cepat dari Tadayuki Okada.

  1. Casey Stoner – 367 Poin

Setelah kurang lebih satu dekade, rekor Doohan sebagai juara MotoGP dengan poin terbanyak dipecahkan oleh Casey Stoner. Mantan pembalap Ducati itu mampu menorehkan 367 poin sepanjang musim MotoGP 2007.

Dari 18 seri balapan, Stoner mampu memenangkan balapan sebanyak 10 kali. Dirinya juga berhasil mencatatkan tiga kemenangan beruntun, yakni pada MotoGP Amerika Serikat, MotoGP Ceko dan MotoGP San Marino.

  1. Valentino Rossi – 373 Poin

Valentino Rossi berhasil melampaui raihan poin Stoner di musim berikutnya (MotoGP 2008). Pembalap yang baru memutuskan pensiun itu mampu mengoleksi 373 poin di klasemen akhir.

The Doctor diketahui mampu meraih podium pertama sebanyak sembilan kali sepanjang musim 2008. Penampilan apiknya ia perlihatkan ketika meraih lima kemenangan beruntun di Amerika Serikat, Ceko, San Marino, Indianapolis, dan Jepang.

Sekedar informasi, Rossi sempat tampil dua kali di MotoGP Indonesia, yakni pada musim 1996 dan 1997 silam. Pada saat itu, ia masih tampil di kelas 125cc dan berhasil keluar sebagai juara kompetisi pada kesempatan keduanya.

  1. Jorge Lorenzo – 383 Poin

Dua tahun berselang (musim 2010), Jorge Lorenzo berhasil menjadi juara MotoGP dengan koleksi poin terbanyak. Rider Spanyol tersebut berhasil menyelesaikan musim dengan koleksi 383 poin.

Sama seperti Rossi, dirinya juga berhasil mengumpulkan kemenangan sebanyak sembilan kali dalam satu musim tersebut. Secara total, Lorenzo mampu menginjakkan kakinya di podium sebanyak 16 kali.

  1. Marc Marquez – 420 Poin

Terakhir, Marc Marquez berhasil mengalahkan keempat pembalap di atas. Itu terjadi ketika dirinya mampu mengumpulkan 420 poin di MotoGP 2019.

Dirinya menjadi satu-satunya pembalap MotoGP yang berhasil melampui lebih dari 400 poin. Sampai saat ini, Marc Marquez menjadi pembalap yang berhasil menorehkan poin paling banyak sepanjang sejarah MotoGP.

Hebatnya, Marquez hanya satu kali gagal naik podium di musim tersebut. Itu terjadi ketika dirinya gagal finis di seri balapan Amerika Serikat. Sisanya, ia selalu naik ke podium dengan rincian 12 kali juara dan 6 kali runner-up.

Baca: Ducati Tunda Peluncuran Tim MotoGP karena Jack Miller Positif Covid-19

MOTOSAN

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto.

#MotoGP
#MotoGP Indonesia
#Marc Marquez
#Casey Stoner
#Valentino Rossi
#Mick Doohan
#Jorge Lorenzo

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi