MCI Fasilitasi Media Lokal NTB untuk Tes Pramusim MotoGP
Reporter: Supriyantho Khafid (Kontributor)
Editor: Wawan Priyanto
Jumat, 11 Februari 2022 06:23 WIB
Sirkuit Mandalika. ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi
Iklan
Iklan

TEMPO.CO, Mataram - Jelang tes pramusim MotoGP tahun 2022 di Sirkuit Mandalika, Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), bersama Kementerian Kominfo RI, Polda dan Pemkab Lombok Tengah, sepakat membangun Media Center Indonesia (MCI). Hal tersebut dilakukan untuk menfasilitasi media lokal memberitakan sisi lain (side event) pada kegiatan internasional tersebut.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Kepala Dinas Kominfotik Najamuddin Amy, menyampaikan bahwa MCI dibangun untuk wadah para jurnalis lokal memberitakan MotoGP. "Karena banyak sisi lain di sekitar kawasan sirkuit yang harus diberitakan untuk masyarakat," kata Najamuddin sewaktu berada di Tribun Lumbung Lapangan Bhara Daksa Markas Kepolisian Daerah NTB, Kamis 10 Februari 2022.

Sebelumnya mereka yang hadir dilakukan tes swab antigen. Beberapa orang di antaranya ditemukan reaktif Covid-19.

Lebih 260 orang wartawan di Mataram dan sekitarnya mendaftar agar bisa melakukan liputan MotoGP melalui MCI. Keberadaan MCI ini untuk mengantisipasi agar pengalaman seperti kejuaraan World Superbike, Novmeber 2021, yang tidak bisa mendapatkan kesempatan melakukan liputan.     

Najamudin berharap agar media atau jurnalis menyampaikan pemberitaan dan informasi yang membangun citra baik sekaligus membangkitkan pariwisata dan ekonomi di NTB.

Selain itu, juga menyampaikan apresiasi kepada Kemenkominfo RI, yang sudah menfasilitasi media lokal untuk memudahkan akses peliputan di MotoGP. "Kami terus berusaha siang dan malam bersinergi dan berkolaborasi dengan Kominfo RI, Kabid Humas Polda NTB dan Diskominfo Kabupaten Lombok Tengah, bersama ITDC mengupayakan kemudahan akses liputan untuk media lokal," kata dia.

Kepala Bidang Humas Polda NTB Kombes Pol Artanto mengatakan bahwa kehadiran MCI ini menjadi sarana menfasilitasi media lokal di NTB. Sehingga untuk memperlancar kegiatan jurnalis maka wartawan juga diminta harus memahami rekayasa lalu lintas yang dilakukan Polda NTB. Hal ini sangat penting untuk ketahui media atau pers yang akan bertugas di Media Center Indonesia. Agar memahami jalur kendaraan dan penyekatan lalu lintas di beberapa titik.

Oleh sebab itu, kendaraan awak media akan dilabeli dengan stiker khusus hingga masuk parkir. "Saya sudah koordinasi dengan Satlantas," ucapnya. Ada 5 unit kendaraan yang disediakan untuk khusus menjemput awak media dari parkiran menuju media center Indonesia.

Sirkuit Mandalika akan menggelar tes pramusim atau official test MotoGP pada 11-13 Februari 2022. Untuk agenda balap, Sirkuit Mandalika akan menggelar seri kedua pada 18-20 Maret 2022. 

SUPRIYANTHO KHAFID

Baca juga: Jadwal Tes Pramusim MotoGP di Sirkuit Mandalika

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto.

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi