Nissan Ubah Pabrik Canton Menjadi Pusat Pengembangan Kendaraan Listrik
Reporter: Gooto.com
Editor: Wawan Priyanto
Jumat, 18 Februari 2022 08:41 WIB
Teaser kendaraan listrik Nissan. (Nissan)

GOOTO.COM, JakartaNissan akan mengubah pabrik perakitan Canton di Mississippi, Amerika Serikat, menjadi pusat manufaktur dan teknologi kendaraan listrik. Nissan akan menginvestasikan US$ 500 juta atau setara Rp 7,1 triliun (kurs saat ini US$ 1 = Rp 14.339) di pabrik Canton.

Investasi tersebut untuk mendukung pelatihan ulang dan peningkatan keterampilan hampir 2.000 pekerja. Produsen asal Jepang ini menargetkan fasilitas baru ini akan beroperasi mulai 2025 dengan memproduksi kendaraan listrik Nissan dan Infiniti. Dengan investasi baru ini, total Nissan telah mengucurkan US$ 13,5 miliar untuk mendukung operasi manufaktur AS.

“Pengumuman hari ini adalah yang pertama dari beberapa investasi baru yang akan mendorong revolusi kendaraan listrik di Amerika Serikat,” kata Ashwani Gupta, chief operating officer, Nissan Motor Corporation, Ltd, dalam keterangan resmi, Jumat, 18 Februari 2022.

“Nissan melakukan investasi yang kuat untuk masa depan Canton, membawa teknologi terbaru , pelatihan dan proses untuk menciptakan tim manufaktur kendaraan listrik yang benar-benar terbaik di kelasnya.”

Gubernur Mississippi Tate Reeves mengatakan bahwa keputusan Nissan mengubah bagian dari pabriknya untuk memproduksi kendaraan listrik dan paket baterai menempatkan Mississippi dalam sorotan global.

“Saat Nissan beralih ke produksi kendaraan listrik, tim Mississippi siap untuk sekali lagi memulai produksi yang tidak diragukan lagi akan menjadi beberapa kendaraan listrik berkualitas terbaik di pasaran saat ini,” kata Reeves.

Investasi di Mississippi mendukung Ambisi Nissan 2030, menghadirkan 23 model elektrifikasi untuk merek Nissan dan Infiniti secara global, termasuk 15 kendaraan listrik pada 2030.

Nissan juga menargetkan 40 persen dari volume penjualan kendaraan di AS menjadi sepenuhnya listrik pada tahun 2030.

Pabrik Canton telah berdiri sejak 19 tahun silam. Pabrik ini mempekerjakan sekitar 5.000 orang dan telah membangun hampir 5 juta kendaraan sejak dibuka pada tahun 2003. Selama ini, pabrik Canton digunakan untuk memproduksi Altima, Frontier, TITAN dan TITAN XD.

Baca juga: Begini Sistem Satu Pedal Mengendalikan Mobil Listrik Nissan LEAF

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto.

#Nissan
#Infiniti
#Kendaraan Listrik
#Elektrifikasi
#Frontier

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi