Toyota - Yamaha Kembangkan Mesin V8 Hidrogen 444 HP
Reporter: Gooto.com
Editor: Wawan Priyanto
Jumat, 18 Februari 2022 10:31 WIB
Toyota-Yamaha mengembangkan mesin V8 Naturally Aspirated bertenaga hidrogen. (Carscoops)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, JakartaToyota dan Yamaha berkolaborasi mengembangkan mesin V8 Naturally Aspirated (NA) berbahan bakar hidrogen. Mesin ini diklaim lebih ramah lingkungan meskipun menyandang predikat sebagai mesin V8.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Mesin ini sebenarnya tidak sepenuhnya baru. Mesin V8 5.0 liter yang NA didasarkan pada mesin Lexus RC F, tetapi memiliki modifikasi pada injektor, kepala, intake manifold, dan komponen lainnya.

Yamaha mengatakan ubahan itu membuat mesin ini sanggup menghasilkan daya 444 hp (450 PS) pada 6.800 rpm, dan torsi puncak 540 Nm pada 3.600 rpm. Ubahan ini diklaim menurunkan gas buang meskipun mengorbankan tenaga dibanding mesin konvensional yang menghasilkan daya 472 hp dan torsi 536 Nm seperti yang terpasang di RC F Track Edition.

Insinyur Yamaha Takeshi Yamada menjelaskan bahwa mesin baru ini memiliki karakter yang berbeda dengan motor bensin konvensional. “Mesin hidrogen lebih mudah digunakan bahkan tanpa menggunakan alat bantu mengemudi elektronik,” kata Yamada seperti dikutip dari carscoops.com, Jumat, 18 Februari 2022.

Prototipe Toyota GR Yaris bertenaga hidrogen. (Toyota)

Yamada menyebut orang yang menguji coba mesin ini di mobil prototipe awalnya tidak yakin dengan kemampuannya, tetapi setelah selesai mereka akan memahaminya dengan baik.   “Saat saya melihat ini, saya mulai percaya bahwa sebenarnya ada potensi besar dalam karakteristik unik mesin hidrogen daripada hanya memperlakukannya sebagai pengganti bensin.”

Sedikit bocoran tetang mesin ini adalah Yamaha mencitpakan sistem pembuangan yang terhubung ke manifold knalpot 8-ke-1 yang terpasang di bagian atas mesin. Sistem ini diklaim Yamaha menciptakan suara yang khas.

Sekadar informasi, Toyota menurunkan Corolla bertenaga hidrogen di seri balap Super Taikyu di Jepang dan telah memamerkan prototipe GR Yaris bertenaga hidrogen dengan teknologi yang sama. Ini menunjukkan bahwa perusahaan berkomitmen pada konsep mesin tersebut. Bisa jadi akan digunakan beberapa model Toyota di masa depan. 

Baca juga: Toyota Corolla Hidrogen Digeber di Balap Mobil Ketahanan Super Taikyu

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto. 

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi