Ini Urutan Mengganti Kampas Rem Tromol Mobil Belakang yang Benar
Reporter: Bisnis.com
Editor: Jobpie Sugiharto
Senin, 28 Februari 2022 21:39 WIB
ilustrasi rem tromol mobil (drum brakes). Wikipedia

GOOTO.COM, JakartaRem tromol bisa dijumpai pada mobil atau motor model lama. Namun bukan berarti sudah tidak laku lagi. Honda City RS Hatchback terbaru menggunakan rem tromol di belakang, sedangkan rem cakram digunakan di roda depan.

Menurut Auto2000, bila sudah datang masanya kampas rem mobil harus diganti agar performa terjaga. Apalagi, rem adalah komponen yang sangat penting untuk menyamanan dan keamanan pengguna mobil.

Berikut cara paling umum untuk mengganti kampas rem tromol menurut Auto2000 yang dikutip hari ini, Senin, 28 Februari 2022:

1. Melepaskan Ban BelakangKendorkan mur roda sebelum menaikkan kendaraan dengan dongkrak. Siapkan balok kayu atau lebih baik menggunakan jack stand untuk menjaga kendaraan tetap di atas.

2. Lepaskan Unit RemSetelah melepaskan ban, tanggalkan drum dari rem tromol mobil. Kemudian akan terlihat sepatu rem mobil, pegas, dan silinder roda dari unit rem. Bersihkan bagian ini.

Lepaskan pegas penahan sepatu rem dengan menariknya menggunakan tang. Akan lebih mudah melepas pegas paling atas terlebih dahulu, yang akan melonggarkan tegangan secara keseluruhan. Jika sudah, tanggalkan sepatu rem tempat kampas rem menempel.

3. Pasang Kampas Rem yang BaruBersihkan dan berikan lubrikasi pada bagian plat penahan bagian belakang unit rem tromol mobil. Pasang kembali beragam komponen yang sudah dibongkar. Pasang sepatu rem yang baru pada tempatnya. Kaitkan kembali pegas rem.

4. Atur Rem Sesuaikan rem sehingga kampas rem mengembang. Setel rem menggunakan obeng hingga hampir tidak bisa diputar dengan tangan. Pasang kembali penutup dari unit rem tromol.

5. Pasang Kembali BanKencangkan baut ban agar ban mobil tidak lepas.

BacaMengenali Tanda-tanda Rem Mobil Bermasalah 

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto.

 
#Rem Tromol
#Rem Mobil
#Kampas Rem
#Ban Mobil
#Auto2000

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi