Rem Cakram Motor Macet, Ikuti 3 Tips Cara Merawatnya
Reporter: Non Koresponden
Editor: Jobpie Sugiharto
Rabu, 5 Mei 2021 13:03 WIB
Bagian bawah sepeda motor Honda Super Cub C125 yang ditampilkan dalam pameran GIIAS 2018 di ICE BSD City, Tangerang, Kamis, 2 Agustus 2018. Sepeda motor ini dibekali komponen pengereman, termasuk rem cakram 220 mm pada bagian depan dengan kaliper hidrolik dua piston dan rem tromol 110 mm di belakang. TEMPO/Amston Probel

GOOTO.COM, Jakarta -  Rem sepeda motor banyak menggunakan teknologi piringan atau rem cakram alias disk break. 

Tak hanya memiliki banyak keunggulan dibandingkan rem tromol, rem cakram juga memiliki tampilan yang menarik.

Rem cakram membuat kampas rem motor tidak cepat panas dan efektifitas pengereman mencapai 100 persen berkat prinsip kerja "rem jepit."

Meski begitu, rem cakram sepeda motor juga bisa mengalami kerusakan atau macet di tengah jalan. Salah satunya penyebabnya, debu atau kotoran di master rem.

Berikut ini tips cara merawat atau membersihkan rem cakram tanpa harus ke bengkel:

Langkah Pertama Buka kaliper pada piringan cakram menggunakan kunci L. Apabila tidak memiliki kunci L, bisa juga memanfaatkan obeng min untuk mencongkel bagian karet master rem cakram.

Langkah kedua Setelah terlepas, semprot antara celah piston kecil dan karet master rem sampai benar-benar bersih. Jika sudah disemprot hingga bersih, dilap dengan kain pada bagian cakram untuk menyingkirkan kotoran.

Langkah ketiga Tips terakhis, lakukan cara tersebut seminggu sekali untuk mendapat hasil yang maksimal. Jika rem cakram motor macet karena aus, maka segera ganti kampas rem dengan yang baru. Kampas rem yang telah habis akan menimbulkan gesekan dengan cakram sehingga menghasilkan suara yang mengganggu.

BacaMengenal Rem Mobil Tromol dan Rem Cakram, Bagaimana Cara Kerjanya

HIDAYAT SALAM

#Rem Cakram
#Motor
#Sepeda Motor
#Tips
#Macet
#Rem Tromol

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi