Brembo Sodorkan Pilihan Rem Cakram untuk Moto2 dan Moto3
Reporter: Gooto.com
Editor: Kusnadi Chahyono
Kamis, 23 Maret 2023 03:34 WIB
Brembo sajikan kaliper dan cakram khusus untuk Moto2 dan Moto3. (Foto: Brembo)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, JakartaAksi balap Moto2 dan Moto3 sepertinya akan semakin nekat bermain di tikungan. Sebab Brembo mengumumkan akan memasok sistem pengereman untuk para calon pembalap masa depan MotoGP.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Sedianya kaliper bersirip dengan empat kaliper akan menjadi andalan pengereman para pembalap bertalenta di kelas Moto2. Adapun teknologi kaliper ini diserap dari balapan kelas MotoGP. Di kelas Moto3, juga akan menggunakan kaliper bersirip, namun hanya ada dua kaliper. 

Perihal temperatur pengereman harus di atas 100-650 derajat. (Foto: Brembo)

Kedua kelas ini yakni Moto2 dan Moto3 juga akan disajikan cakram yang besar tapi patut dipertimbangkan kondisi lintasannya. Pilihan cakramnya adalah model cakram baja bersirip atau standar. Perihal temperatur pengereman harus di atas 100-650 derajat.

Berat cakram di kelas Moto3 hanya sekitar 0,5 kg. Sementara untuk kelas Moto2 bobotnya mencapai 1,3 kg, hampi tiga kali lipat dengan cakram versi standar.

Secara keseluruhan bobot cakram depan dan belakang di pelek depan dan belakang di kelas Moto2 sekitar 6 kg, sedangkan set cakramnya saja sekitar 4,5kg.

Ukuran beragam untuk pilihan pembalap MotoGP, Moto2, dan Moto3. (Ilustrasi: Brembo)

Musim MotoGP 2023, diungkapkan bahwa ada delapan dari sebelas tim akan menggunakan pelek Marchesini. Pilihannya adalah model Y 5 palang atau Y 7 palang. Marchesini masih menjadi bagian dari Brembo Group.

Sebagai keunggulan dari pelek Marchesini memungkinkan untuk pembalap menikung hingga 60 derajat dan keluar tikungan sambil membuka penuh gas.

Pilihan Editor: Pembalap Ferrari Ungkap Tak Bisa Kencang di F1 Arab Saudi 2023

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi