3 Tips Mudah Merawat Rem Cakram Motor agar Tetap Optimal
Reporter: Erwan Hartawan
Editor: Kusnadi Chahyono
Senin, 4 September 2023 08:52 WIB
Honda CBR500R. (Foto: Honda)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Rem cakram di bagian motor memiliki fungsi sebagai pengontrol kecepatan, baik untuk memperlambat dan memberhentikan kendaraan. Fungsi ini sangat penting dalam melancarkan aktivitas berkendara sepeda motor. 

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Jika kinerja rem cakram terganggu, maka tentu saja dapat membahayakan keselamatan berkendara  dari pengguna motor.

Rem cakram sendiri saat ini memiliki 2 tipe, yakni tipe rem hidrolik (rem cakram) dan rem mekanis (rem tromol). Sistem rem hidrolik (rem cakram) pada motor memiliki daya cekram lebih baik.

Namun, untuk pengoperasian dan perawatannya perlu diketahui. Misalnya bagaimana rem cakram butuh minyak rem agar bisa bekerja dengan baik.

Dikutip dari Wahana Honda, ada beberapa cara merawat rem cakram agar mendukung kelancaran aktivitas menggunakan motor. Berikut tips melakukan perawatan rem cakram sebagai berikut:

1.Rutin Periksa dan Gantian Minyak Rem

Memeriksa brake pad atau mengganti minyak rem bermanfaat untuk menjaga agar kinerja rem cakram lebih optimal. Umumnya, penggantian minyak rem dilakukan setiap dua tahun sekali atau jika telah mencapai jarak 24.000 km. 

Bisa juga ketika warna minyak rem sudah mengalami perubahan. Misalnya menjadi semakin gelap. Sehingga membuat kualitas minyak rem sudah jelek dan harus diganti. 

2. Bersihkan Kaliper

Pengguna motor juga harus rutin membersihkan kaliper. Rem cakram bersifat terbuka, sehingga saat berkendara di jalanan, debu dan kotoran ikut menempel pada kanvas atau piston. 

Kondisi ini mempengaruhi kinerja rem menjadi tidak maksimal, karenanya lakukan pembersihan pada bagian tersebut. Atau, jika tuas rem terasa berat saat ditekan, bisa diperiksa atau ganti seal master rem bagian atas. Bisa juga bengkel resmi untuk melakukan perawatan dan penggantian komponen. 

3. Jaga kondisi kaliper

Efek yang cukup terasa apabila kaliper bermasalah adalah turunnya kualitas pengereman serta kerja handle rem menjadi berat atau blong. Hal ini dapat menimbulkan resiko kecelakaan. 

Pastikan kaliper pada motor dalam kondisi yang baik, karena itu  jangan lupa untuk melakukan pemeriksaan dan perawatan motor berkala secara rutin di bengkel, agar seluruh  fitur dan komponen motor tetap bisa bekerja secara optimal.

Pilihan Editor: Honda Giorno+ Bergaya Retro Modern Dirilis, Harga Rp 26 Jutaan

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto.

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi