Kenali Penyebab Rem Mobil Tidak Pakem
Reporter: Dicky Kurniawan
Editor: Kusnadi Chahyono
Selasa, 23 April 2024 13:30 WIB
Perawatan berkala mobil di bengkel Toyota. (Foto: Auto2000)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Rem merupakan salah satu komponen vital pada kendaraan, baik motor atau mobil. Rem mobil yang tidak berfungsi dengan baik dapat mengakibatkan kecelakaan yang serius.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Rem mobil yang tidak pakem bisa disebabkan oleh berbagai faktor, mulai dari ausnya kampas rem hingga masalah pada sistem hidraulis. Pemilik kendaraan perlu mengetahui penyebab rem mobil tidak pakem.

Berikut penyebab rem mobil tidak pakem, dihimpun dari situs Auto2000 pada hari ini, Selasa, 23 April 2024.

1. Kampas Rem Aus atau Tertimbun Debu

Kampas rem adalah bagian penting dalam sistem rem yang bertugas menghasilkan gesekan dengan disc brake alias cakram untuk memperlambat mobil. Namun, seiring penggunaan, kampas rem akan mengalami keausan dan akhirnya perlu diganti. Selain itu, debu dan kotoran yang menumpuk di kampas rem juga bisa mengganggu kinerjanya.

2. Cairan Rem yang Rendah

Sistem rem menggunakan cairan rem untuk mentransfer tekanan dari pedal rem ke kaliper atau drum brake. Kebocoran atau kadar cairan rem yang rendah dapat mengurangi kemampuan sistem rem untuk menghasilkan tekanan yang cukup, sehingga menyebabkan rem menjadi tidak efektif.

3. Disc Brake Tidak Berfungsi

Disc brake adalah salah satu jenis sistem rem yang paling umum digunakan pada mobil. Namun, jika komponen-komponen disc brake seperti disc rotor atau kaliper mengalami keausan atau kerusakan, maka kinerja rem akan terpengaruh dan menjadi tidak efektif.

4. Ban yang Tidak Sesuai

Ban mobil yang aus secara tidak merata atau tidak sesuai dengan spesifikasi mobil juga bisa memengaruhi kinerja rem. Ban yang tidak sesuai dapat menyebabkan mobil menjadi tidak stabil saat melakukan pengereman, sehingga memperlambat respon rem.

5. Sistem Hidraulis Bermasalah

Sistem hidraulis berfungsi mentransfer tekanan dari pedal rem ke kaliper atau drum brake. Masalah seperti kebocoran atau udara dalam sistem dapat mengurangi efektivitas rem secara keseluruhan.

6. Pad Rem Terlalu Panas

Pengereman berlebihan atau mendadak dapat menyebabkan pad rem menjadi terlalu panas. Hal ini dapat mengurangi gesekan antara kampas rem dan disc brake, sehingga memengaruhi kinerja rem.

Pilihan Editor: Kenali 5 Penyebab Rem Mobil Tidak Pakem

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi