Jelang F1 Singapura 2023, Brembo Kasih Bocoran Seberapa Kuat Pedal Rem Diinjak
Reporter: Gooto.com
Editor: Kusnadi Chahyono
Jumat, 15 September 2023 13:35 WIB
Brembo memberikan kisi-kisi bagaimana pembalap barus menyikapi lintasan jalan raya Marina Bay sebagai gelaran F1 Singapura 2023, akhir pekan ini, 17 September 2023. (Ilustrasi: Brembo)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, JakartaBrembo sudah menyiapkan sistem pengereman untuk para pembalap di F1 Singapura yang digelar pada akhir pekan ini, 17 September 2023. Para teknisi Brembo memastikan bahwa sirkuit jalan raya Marina Bay ini akan sangat menuntut pengereman.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Dari skala 1 ke 5, nilainya mencapai 4 karena sangat cepat terlihat dari rata-rata kecepatan setiap lap bisa mencapai 190 kpj di lintasan kering dan sangat minim untuk melakukan pendinginan  setelah sesi lintasan lurus sepanjang 832 meter.

Brembo menginformasikan bila dibandingkan dengan lintasan di Monako yang hanya sepanjang 3.337 meter, sirkuit jalan raya Marina Bay ini lebih panjang 1,7 km dan jumlah titik pengeremannya bisa mencapai 15 kali.

Selepas start saja di F1 Singapura, para pembalap harus melakukan pengereman kuat, diyakini perlu tenaga dua kali lebih berbanding di Suzuka. Di antara sembilan tikungan, para pembalap membutuhkan kekuatan pengereman hingga 100 kg dan menahan deselerasi mencapai 3,4 G di tiap titik pengereman, tentunya ini menuntut fisik dan kekuatan otot.

Tikungan paling menuntut pengereman kuat di kawasan Marina Bay ada di tikungan ke-14, mobil balap dari kecepatan 289 kpj langsung tertahan hingga 90 kpj dalam waktu 2,28 detik dengan jarak hanya 96 meter. gaya gravitasi yang harus ditahan oleh setiap pembalap ketika melewati tikungan ini mencapai 4,8 G dan harus menekan pedal hingga kekuatan 153 kg.

Pilihan Editor: Frederic Vasseur Bicara Kesiapan Scuderia Ferrari di F1 Singapura 2023

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto.

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi