F1 Austria 2023: Titik Pengereman Krusial di Red Bull Ring
Reporter: Gooto.com
Editor: Kusnadi Chahyono
Jumat, 30 Juni 2023 09:14 WIB
Pembalap Charles Leclerc dari Ferrari dan Sergio Perez dari Red Bull beraksi di awal balapan F1 Grand Prix Austria di Red Bull Ring, Spielberg, Austria, Ahad, 10 Juli 2022 Pandangan umumREUTERS/Florion Goga
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, JakartaF1 Austria 2023 di Sirkuit Spielberg alias Red Bull Ring akan menjadi pesta bagi para penggemar balap mobil bergengsi akhir pekan ini pada 30 Juni-2 Juli. Merupakan sirkuit berbukit yang menantang. Panjangnya mencapai 4.318 meter, akan digelar Sprint Race pada hari Sabtu, 1 Juli, kemudian balapan penuh pada hari Minggu, 2 Juli sebanyak 71 lap.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Adapun Red Bull Ring punya tingkat kesulitan yang sama dengan sirkuit Budapest, Brembo sebagai spesialis pengereman memberikan peringkat 1 sampai 5, punya tingkat kesulitan pengereman medium bernilai 3.

Meski panjang lintasan 4.318 meter tapi catatan waktunya menjadi yang tersingkat untuk Formula 1. Valtteri Bottas masih pemegang rekor 1:02,939 detik dibuat tahun 2020 saat bersama Mercedes-AMG. 

Tikungan 2, 5, dan 8 bagi pembalap tak dipandang sebagai belokan. Justru dibuat akselerasi penuh. Oleh karena itu, setiap lap perpindahan giginya hanya 32 kali.

Sirkuit ini cukup membuat para teknisi mesin dan aerodinamika harus saling akur berkoordinasi. Karena saat tikungan 1, 3, dan 4 menuntut cengkeraman kuat saat kecepatan tinggi. Sedangkan melesat kencang dibutuhkan antara tikungan 6-7 dan 9-10.

Tim Mercedes menginformasikan, lintasan ini punya tiga tempat yang menuntut pengereman kuat yakni saat mendekati tikungan 1, 3, dan 4. Temperatur rem cakram tak bisa cepat dingin hingga tikungan terakhir, karena waktu setiap lap sangat pendek.

Atas alasan tersebut tim harus merekayasa aerodinamika untuk pendinginan pengereman. Namun berdampak sulitnya mendapat temperatur yang pas untuk ban depan. Pendeknya waktu setiap lap, sangat sulit untuk mendapatkan strategi yang tepat ketika kualifikasi.

Dijelaskan oleh Brembo, setiap lap pembalap F1 melakukan pengereman selama 10,7 detik, berbeda jauh dengan pembalap MotoGP butuhkan total waktu pengereman 30 detik. Di tikungan 1, mobil F1 akan melakukan pengereman di titik 101 meter dengan kecepatan diredam hingga 178 kpj.

Gaya gravitasi yang harus diterima setiap pembalap F1 hampir mencapai 5,3 G di tiga tikungan dan tiga lainnya lebih dari 3 G. Setiap pengereman, pembalap memerlukan tenaga setara 175-177 kg. Total selama 71 lap, setiap pembalap bila dijumlah memerlukan 62 ton untuk menginjak pedal rem.

Pilihan Editor: Jelang F1 Austria 2023: Toto Wolff Antusias Tim Mercedes Raih Hasil Gemilang

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto.

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi