Kenali 5 Penyebab Rem Mobil Tidak Pakem
Reporter: Erwan Hartawan
Editor: Rafif Rahedian
Kamis, 18 April 2024 13:00 WIB
Ilustrasi perbaikan rem mobil. (Foto: Jantrakakikaki)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Keamanan dalam berkendara sangatlah penting, dan salah satu komponen yang menentukan keamanan tersebut adalah sistem rem mobil. Rem yang tidak berfungsi dengan baik bisa mengakibatkan kecelakaan yang serius.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Rem mobil yang tidak pakem bisa disebabkan oleh berbagai faktor, mulai dari ausnya kampas rem hingga masalah pada sistem hydraulic. Untuk mencegah hal tersebut, berikut lima penyebab utama rem mobil tidak pakem dilansir dari Auto2000:

1. Kampas Rem Aus atau Tertimbun Debu

Kampas rem adalah bagian penting dalam sistem rem yang bertugas menghasilkan gesekan dengan disc brake untuk memperlambat mobil. Namun, seiring penggunaan, kampas rem akan mengalami keausan dan akhirnya perlu diganti.

Selain itu, debu dan kotoran yang menumpuk di kampas rem juga bisa mengganggu kinerjanya.

2. Cairan Rem yang Rendah

Sistem rem menggunakan cairan rem untuk mentransfer tekanan dari pedal rem ke caliper atau drum brake. 

Kebocoran atau rendahnya kadar cairan rem dapat mengurangi kemampuan sistem rem untuk menghasilkan tekanan yang cukup, sehingga menyebabkan rem menjadi tidak efektif.

3. Disc Brake Tidak Berfungsi

Disc brake adalah salah satu jenis sistem rem yang paling umum digunakan pada mobil.

Namun, jika komponen-komponen disc brake seperti disc rotor atau caliper mengalami keausan atau kerusakan, maka kinerja rem akan terpengaruh dan menjadi tidak efektif.

4. Sistem Hydraulic yang Bermasalah

Sistem hydraulic bertanggung jawab untuk mentransfer tekanan dari pedal rem ke caliper atau drum brake. Masalah seperti kebocoran atau udara dalam sistem dapat mengurangi efektivitas rem secara keseluruhan.

5. Pad Rem yang Terlalu Panas

Pengereman berlebihan atau mendadak dapat menyebabkan pad rem menjadi terlalu panas. Hal ini dapat mengurangi gesekan antara kampas rem dan disc brake, sehingga memengaruhi kinerja rem.

Pilihan Editor: Sopir Arogan Pakai Pelat TNI Palsu dan Ngaku Adik Jenderal

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di membership.tempo.co/komunitas pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi