Mario Aji Bicara Target di Moto3 hingga Komentari Sirkuit Mandalika
Reporter: Irsyan Hasyim (Kontributor)
Editor: Rafif Rahedian
Selasa, 1 Maret 2022 14:34 WIB
Mario Aji, Portimao, Portugal, 21 Februari 2022. (Honda Team Asia)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Pembalap muda Indonesia Mario Suryo Aji bakal menjalani musim ini di kelas Moto3. Ini menjadi debut profesional pertamanya mengarungi balapan di kelas Grand Prix atau MotoGP.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Meski begitu, Mario Aji nyatanya musim lalu pernah mendapatkan kesempatan untuk tampil di Moto3 dengan status pembalap wildcard. Saat itu dirinya tampil satu tim bersama rider Indonesia lainnya, Andi Farid Izdihar alias Andi Gilang di tim pabrikan Honda Team Asia.

Kesempatan itu ia dapatkan ketika pada seri Moto3 Emilia Romagna, di mana Mario Aji hanya mampu menyelesaikan balapan di peringkat ke-21. Padaha pada sesi latihan bebas pertama (FP1) dirinya sempat menempati urutan ke-4.

Mario Aji sebenarnya direncanakan tampil pada seri berikutnya di Portimao, Portugal. Akan tetapi ia harus absen pada balapan tersebut akibat cedera yang ia alami. Alhasil, Mario Aji baru satu kali mencicipi kelas Moto3 pada musim lalu.

Sebelum menjalani karier di kasta ketiga balap MotoGP ini, Mario aji mengawali karier di ajang Asia Talent Cup. Sekedar informasi, pembalap asal Magetan tersebut mampu menempati posisi kelima di musim 2018, hasil dari satu kemenangan dan tiga podium.

Dirinya pun akhirnya memutuskan untuk mencicipi ke kompetisi CEV Moto3. Pada musim 2021, di saat yang bersamaan, Mario Aji juga diketahui masuk dalam ajang Red Bull Rookies Cup. Pengalamannya itu ia dapatkan ketika dirinya bergabung dengan Astra Honda Racing School.

Terlepas dari itu, berikut redaksi Gooto.com merangkum sesi tanya jawab bersama Mario Aji seperti dilansir dari situs berita Tempo.co. Seperti apa obrolannya? Simak pembahasannya di bawah ini!

Sejak kapan Mario mulai balapan motor?

Pada umur kurang lebih 5 atau 6 tahun, dulu almarhum ayah beliin dan ngajarin Mario pakai motor cross kecil.

Siapa yang memiliki peran paling penting dalam karier Mario?

Kedua orang tua dan keluarga mereka berdua paling berperan dalam karier balap Mario dan tidak lupa dari Astra Honda Racing Team yang memberikan jalan sehingga Mario bisa mencapai level moto3.

Bagaimana peran orang tua dalam karier Mario?

Pastinya sangat berpengaruh dalam karier Mario, terutama almarhum ayah mendukung hobi Mario yang suka dari kecil dan mereka selalu mendukung apapun keadaan dan situasi yang Mario alami, keluarga mungkin jadi suporter terbesar dalam karier balap mario.

Apa masalah face-up tersulit untuk masuk ke MotoGP?

Untuk saat ini cedera Mario tahun lalu sempat menganggu intensitas latihan di akhir musim, karena Mario harus menjalani full recovery di kaki femur yang patah. Itu yang membuat Mario kesusahan, tapi di awal winter training ini Mario sudah memulai melatih fisik, intens melatih cardio dan strength. Jadi, kemarin juga 8 hari penuh tes di motor prototipe yang membuat Mario balap, jadi step by step Mario sudah kembali pulih dengan persiapan matang menuju Qatar Grand Prix.

Bagaimana perasaan Mario tentang seri Mandalika? Apakah ada masalah dengan balapannya sendiri?

Tidak ada masalah besar, Mario hanya ingin balapan. Mario ingin memberikan peforma terbaik, tidak hanya di Mandlaika tapi juga seluruh balapan yang diadakan selama 21 seri. Tentu Mario lebih bersemangat balapan di home race tapi tidak ada tekanan maupun target khusus, Mario hanya ingin berprogress apapun hasilnya.

Bagaimana komentar Mario tentang Sirkuit Mandalika? Apa kelebihan dan kekurangannya?

Sirkuit Mandalika memiliki desain berbeda dari sirkuit MotoGP lainnya, tidak hanya desain yang bagus, tapi juga pemandangan dan suasana di sekitarnya juga mendukung penuh untuk lebih menikmati berlangsungnya balapan. Tentunya salah satu sirkuit paling indah, tanggapan Mario bangga memiliki sirkuit di negara sendiri, jadi bagus untuk karier Mario.

Apa target Mario di Mandalika?

Target Mario balapan di Mandalika sama seperti biasanya terus belajar, berprogress improvement terutama menghindari tekanan, namun Mario bukan tidak memperhatikan apresiasi dari publik Indonesia tapi Mario hanya ingin fokus ke diri sendiri dalam balapan home race nantinya. Tentunya Mario sangat mengapresiasi dukungan dan support dari masyarakat Indonesia, tapi Mario tidak ingin mengambil terlalu banyak pujian mereka agar Mario tetap bisa berkonsentrasi.

Apa target Mario di Moto3 Musim ini?

Target umum di seri Moto3 musim ini Mario ingin memberikan penampilan terbaik, yang sudah sering bilang dibanyak wawancara, Mario ingin terus berprogress, ingin terus belajar dan hasil yang diharapkan tim, dan Mario pasti bisa tercapai entah kapan tapi jangan berhenti untuk belajar dan terus memberikan yang terbaik.

Apakah ada target khusus Mario untuk bergabung di MotoGP?

Mimpi terbesar Mario adalah balap di kejuaraan paling bergengsi di dunia, yakni MotoGP.

Baca: 5 Pembalap MotoGP dengan Bayaran Terbesar, Marc Marquez Masih Teratas

TEMPO.CO

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto.

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi