Swiss Tolak Tawaran untuk Menghalangi Penyelidikan Rekening Carlos Ghosn
Reporter: Gooto.com
Editor: Wawan Priyanto
Jumat, 11 Maret 2022 21:00 WIB
Mantan Ketua Nissan Motor Carlos Ghosn meninggalkan Rumah Detensi Tokyo di Tokyo, Jepang 25 April 2019. REUTERS/Issei Kato/File Photo

GOOTO.COM, Zyrich- Pengadilan Swiss menolak banding seorang pengusaha Arab yang berusaha menghalangi jaksa Jepang mendapatkan rincian rekening bank untuk penyelidikan mereka terhadap buronan mantan petinggi Nissan, Carlos Ghosn, demikian Reuters melaporkan, Jumat, 11 Maret 2022.

Ghosn, arsitek aliansi mobil Renault-Nissan, telah berjuang melawan berbagai penyelidikan sejak melarikan diri ke Lebanon dari Jepang pada akhir 2019. Dia berharap dapat membersihkan namanya dalam kasus pelanggaran keuangan terhadap dirinya.

Ghosn adalah ketua Nissan dan Mitsubishi dan kepala eksekutif Renault ketika dia ditangkap di Jepang pada 2018 dengan tuduhan tidak melaporkan gajinya dan menggunakan dana perusahaan untuk penggunaan pribadi. Ghosn telah membantah melakukan kesalahan.

Jaksa Jepang meminta bantuan hukum dari Swiss untuk mendapatkan dokumen dari rekening bank milik rekanan Ghosn. Jaksa Zurich setuju tahun lalu untuk menyerahkan mereka, yang mendorong banding dari rekan tak dikenal yang belakangan hanya disebut sebagai pengusaha Arab.

"Pihak berwenang Jepang memiliki indikasi konkret bahwa dana yang diduga berasal dari kejahatan mungkin telah disimpan di dua rekening atas nama pelapor" di dua bank tak dikenal, kata putusan itu.

Putusan itu tidak menyebutkan nama rekan bisnis yang mengajukan banding. Jaksa Zurich mengidentifikasi dia hanya sebagai seorang pengusaha Arab yang rekeningnya berada di dua bank yang berbasis di Zurich yang tidak mereka sebutkan namanya.

Baca juga: Carlos Ghosn Segera Menjalani Sidang Terbuka di Pengadilan Jepang

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto.

#Carlos Ghosn
#Nissan
#Renault
#Mitsubishi
#Swiss

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi