Tiga Legeda MotoGP Riding Bareng Wayne Rainey di Goodwood Festival of Speed
Reporter: Gooto.com
Editor: Wawan Priyanto
Kamis, 21 April 2022 11:18 WIB
Mantan pembalap Repsol Honda 500 cc, Mick Doohan berdiri disamping motor GP500. Sumber: speedweek.com
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Juara Dunia 500 cc tiga kali Wayne Rainey dari Amerika Serikat akan mengendarai Yamaha YZR500 di Goodwood Festival of Speed di Inggris, 23-26 Juni 2022. Tiga legeda MotoGP yang pernah menjadi rival Rainey, Mick Doohan, Kevin Schwantz, dan Kenny Roberts akan bergabung di festival tahunan tersebut.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Rainey akan menunggangi sepeda motor juara yang pernah membawanya ke posisi tertinggi di balap kelas 500 cc. Sepeda motor ini telah dimodifikasi sedemikian rupa untuk sehingga dapat dikendarai Rainey yang lumpuh pasca kecelakaan fatal pada seri Imola tahun 1993. Rainey pernah menggunakan sepeda motor ini untuk mengelilingi Sirkuit Suzuka pada 2019.

Festival of Speed terkenal dengan akses tak terbatasnya ke mesin-mesin motorsport yang hebat dan para pengendara serta pengemudi yang membuat mereka terkenal. Menyusul tanggapan yang luar biasa terhadap berita bahwa Rainey akan membuat debut Festival of Speed-nya dan mengatasi hillclimb ikonik dengan motor balap untuk pertama kalinya dalam 29 tahun, Goodwood juga memberikan kesempatan kepada penggemar untuk melihat Doohan, Roberts, dan Schwantz beraksi.

Dalam momentum yang bersejarah ini, Wayne Rainey akan dipersatukan kembali dengan dua rival terbesarnya - Schwantz dan Doohan - yang bertarung dengannya untuk tiga Kejuaraan Dunia. Memegang 12 Kejuaraan Dunia 500cc yang fenomenal di antara mereka, termasuk Kejuaraan berturut-turut dari 1990-1998, Doohan, Roberts, Schwantz dan Rainey semuanya akan turun ke Bukit selama akhir pekan.

”Saya tidak pernah berpikir saya akan memiliki kesempatan untuk mengendarai sepeda motor Grand Prix lagi. Dan saya tentu tidak pernah berpikir saya akan memiliki kesempatan untuk berkendara dengan Kenny Roberts, Mick Doohan, dan Kevin Schwantz,” kata Rainey seperti dikutip dari MotoGP.com, 21 April 2022.

Menurut Rainey, Kenny memainkan peran utama dalam karir balapnya dan perjalanan hidupnya sehingga akan berkesan untuk bisa satu panggung di Festiva Goodwood. Sedangkan Mick dan Kevin adalah beberapa rival terbesar Rainey selama karir Grand Prix-nya. “Kami semua berbagi begitu banyak kenangan kompetisi, akan menyenangkan untuk mengalami rasa persahabatan yang baru dengan mereka. Ini akan menjadi pertama kalinya saya di Goodwood Festival of Speed, dan saya tidak sabar menunggu Juni nanti,” ujar dia.

Juara Dunia 500 cc lima kali Mick Doohan mengaku sangat menantikan tampil di Goodwood bersama Rainey di atas roda dua. “Dia dan saya memiliki persaingan yang hebat, terutama musim 1991 dan 1992, sayangnya bagi saya, Wayne keluar sebagai yang teratas,” kata Doohan.

“Bisa membalap bersamanya di Festival of Speed adalah sensasional dan akan menjadi tontonan nyata untuk melihatnya kembali mengendarai sepeda motor Grand Prix.”

Sambutan antusias juga ditunjukkan Kenny Roberts. Ia mengaku tak sabar untuk melihat Wayne Rainey di atas sepeda motor Grand Prix lagi. “Setelah mendengar bahwa Wayne Rainey akan mengendarai YZR500 tahun 1992 yang memenangkan kejuaraan di Goodwood Festival of Speed, saya hanya harus berada di sana untuk menyaksikan kesempatan yang luar biasa ini,” kata Roberts.

Sedangkan Juara Dunia 500cc musim 1993 Kevin Schwantz tidak sabar untuk menantikan Goodwood Festival of Speed. “Mengendarai sepeda Grand Prix 500cc bersama Wayne Rainey adalah sesuatu yang benar-benar menopang seluruh hidup saya. Untuk dapat memiliki pengalaman itu lagi - sudah begitu lama sejak Wayne berada di motor balapnya - bagi saya, akan menjadi luar biasa.”

Baca juga: Begini Hasil Restorasi Suzuki RGV500 Milik Kevin Schwantz

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto.

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi