Penjualan Mobil di Indonesia Bisa Tumbuh, Ini Syaratnya
Reporter: Antara
Editor: Wawan Priyanto
Rabu, 11 Mei 2022 07:57 WIB
Booth Mitsubishi diserbu pengunjung GIIAS 2021 di ICE, BSD City, Tangerang, 12 November 2021. TEMPO/Dicky Kurniawan
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, JakartaPengamat otomotif dari Institut Teknologi Bandung (ITB) Yannes Martinus Pasaribu menilai penjualan otomotif (termasuk penjualan mobil) di Indonesia diprediksi naik apabila ekonomi nasional bisa mempertahankan pertumbuhan di kisaran angka 5 persen sepanjang 2022.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Sebelumnya pada Senin, 9 Mei 2022, Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat perekonomian Indonesia pada triwulan I 2022 tumbuh tinggi 5,01 persen jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu (year-on-year/yoy). Yannes menilai pertumbuhan ekonomi nasional itu menjadi sinyal baik bagi industri otomotif Indonesia.

"Pertumbuhan sekarang kan baru 5,01 persen, artinya baru dibuka sedikit saja sudah mulai menggeliatnya cepat ekonomi kita itu, apalagi mudah-mudahan tidak terjadi lagi pandemi berikutnya, ini percepatannya akan lebih dari yang sudah-sudah," kata Yannes saat dihubungi ANTARA, Senin, 9 Mei 2022.

Yannes mengingatkan bahwa Bank Indonesia (BI) menargetkan ekonomi nasional tumbuh 4,5 hingga 5,3 persen dari proyeksi awal sebesar 4,7 hingga 5,5 persen untuk keseluruhan tahun 2022.

Ia optimis proyeksi penjualan mobil baru dari Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) yang mencapai 900 ribu unit pada tahun ini bisa terlampaui.

"Artinya prediksi Gaikindo bisa sampai 900 sampai 1 juta unit pada akhir tahun, itu sangat mungkin tercapai. Apalagi kalau pertumbuhannya (ekonomi nasional) bisa menembus 5,6 persen, nah, itu lebih tinggi lagi penjualan (mobil) di atas 1 juta sampai akhir tahun ini," katanya.

Senada, Ketua I Gaikindo Jongkie Sugiarto mengatakan pertumbuhan ekonomi Indonesia pada triwulan I 2022 yang berada di kisaran 5 persen menjadi indikator naik-turun penjualan otomotif.

"Jika ini dapat dipertahankan terus, maka penjualan otomotif bisa terus baik; apalagi nanti akan ada model-model baru, ada pameran-pameran otomotif, suku bunga dipertahankan tetap rendah, dan lain lain," katanya melalui keterangan tertulis.

Yannes berpendapat peningkatan penjualan otomotif di kuartal selanjutnya dipengaruhi oleh faktor kebijakan dari sisi pemerintah serta langkah yang dilakukan dari sisi industri otomotif.

"Selama pemerintah bisa mengerem dulu soal pajak, Pajak Penjualan Barang Mewah Ditanggung Pemerintah (PPnBM DTP) ini direm dulu dan tidak dinaikkan kembali ke sebelum pandemi COVID-19 sampai akhir tahun, masyarakat yang sudah berhitung di awal akan lebih tertarik untuk mengonsumsi kendaraan bermotor baru," kata Yannes.

Jika harga kendaraan bermotor tidak terjadi eskalasi akibat kebijakan PPnBM, maka industri otomotif kemungkinan akan menjual bahkan memproduksi kendaraan-kendaraan dengan stok desain yang tersedia hingga akhir tahun.

Selain itu di samping pameran otomotif, Yannes mengingatkan agar pihak industri menangguhkan strategi pemasaran digital dengan pendekatan baru mengingat masyarakat sudah cepat bermigrasi ke digital.

Sementara itu dari sisi masyarakat, ia mengatakan apabila terjadi tren penurunan kasus COVID-19 dan pelonggaran kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), maka mobilitas masyarakat akan memicu pertumbuhan ekonomi.

"Artinya terjadi sinergi antara permintaan dari masyarakat untuk kendaraan baru, produksi dari industri otomotif, dan regulasi pemerintah yang membuat harga kendaraan tidak naik sampai akhir tahun," ujarnya.

Baca juga: Bank Mandiri Prediksi Penjualan Mobil 2022 Naik 8,2 Persen

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto.

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi