Charles Leclerc Tercepat di Sesi Latihan F1 GP Baku, Hamilton P12
Reporter: Antara
Editor: Wawan Priyanto
Sabtu, 11 Juni 2022 07:07 WIB
Pembalap Ferrari, Charles Leclerc saat ikuti Latihan Bebas 3 F1 GP Australia di Melbourne Grand Prix Circuit, Melbourne, Australia, 9 April 2022. REUTERS/Loren Elliott
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, JakartaCharles Leclerc (Ferrari) berhasil menjadi yang tercepat pada sesi latihan bebad pertama dan kedua (FP1/FP2) balap Formula 1 di Baku City Circuit, Azerbaijan, Jumat, 10 Juni 2022. 

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Pembalap asal Monako itu mencatat wkatu 1 menit 43,224 detik, mengalahkan Sergio Perez (Red Bull Racing) yang finis kedua tercepat terpaut 0,248 detik. 

Pemuncak klasemen sementara Max Verstappen terpaut 0,356 detik di tempat ketiga untuk Red Bull.

Pembalap Belanda itu mengantongi keunggulan sembilan poin dari Leclerc yang berada di peringkat dua setelah tujuh balapan dari 22 yang dijadwalkan musim ini.

Perez, juara di Monako dua pekan lalu dan ingin menjadi pembalap pertama yang mampu mengulangi kemenangan di Baku, berjarak 15 poin dari rekan satu timnya di Red Bull.

Fernando Alonso menjadi yang tercepat keempat untuk tim Alpine, mengungguli kompatriot senegara asal Spanyol Carlos Sainz yang bercokol di peringkat lima untuk Ferrari.

Juara dunia dua kali asal Spanyol itu menunjukkan kecepatan yang menjanjikan di kedua sesi latihan, setelah finis peringkat lima di sesi latihan pagi.

Duet tim AlphaTauri Pierre Gasly dan Yuki Tsunoda menempati P6 dan P8, mengapit pembalap Mercedes George Russell.

Sementara itu, Lewis Hamilton terperosok ke P12, atau 1,650 detik dari pemuncak sesi, di mobil Mercedes kedua.

Esteban Ocon dan Lando Norris melengkapi sepuluh besar untuk tim Alpine dan McLaren.

Baku terkenal dengan layoutnya yang tak kenal ampun, sedikit saja pembalap membuat kesalahan ia dapat mengirim mobil mereka ke pagar pembatas sirkuit jalan raya itu.

Balapan di pinggir laut Kaspia itu juga sering memberikan kejutan, seperti ketika Verstappen kehilangan kesempatan juara karena ban pecah lima lap menjelang finis tahun lalu.

Meski demikian, sesi latihan Jumat berjalan relatif tanpa drama.

Mick Schumacher dan Nicholas Latifi menyebabkan periode virtual safety car di FP1. Beberapa pembalap juga mencium pagar pembatas atau melebar ke area runoff saat menguji limit mobil mereka.

Mobil sejumlah pembalap juga tampak mengalami efek "porpoising" lagi, memantul-mantul ketika melaju kencang di lintasan lurus utama, demikian Reuters.

Baca juga: Charles Leclerc Dirampok, Jam Tangan Rp 31 Miliar Melayang

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi