F1 GP Australia: Charles Leclerc Pole, Max Verstappen P2
Reporter: Gooto.com
Editor: Wawan Priyanto
Sabtu, 9 April 2022 16:00 WIB
Pembalap Ferrari Charles Leclerc mengendarai mobilnya dalam Latihan Bebas 1 F1 GP Australia di Melbourne Grand Prix Circuit, Melbourne, Australia, 7 April 2022. REUTERS/Martin Keep

GOOTO.COM, Jakarta - Charles Leclerc (Ferrari) merebut pole position atau start terdepan Grand Prix Australia setelah tampil tercepat pada sesi kualifikasi, Sabtu, 9 April 2022. Leclerc mencatat waktu tercepat 1 menit 17,868 detik pada putaran terakhir sesi kualifikasi. Ini adalah pole ke-11 pembalap asal Monako di balap Formula 1.

Sementara itu, pembalap asal Belanda, Max Verstappen (Red Bull Racing), berada di posisi kedua hanya terpaut tiga persepuluh detik di belakang Leclerc.

"Akhir pekan ini kami benar-benar bekerja ... Itu agak berantakan untuk tiga sesi latihan," kata Leclerc seperti dikutip dari Reuters.

"Q3 (fase kualifikasi ketiga) saya berhasil (menempatkan) semuanya bersama sehingga terasa luar biasa dan saya sangat senang berada di posisi terdepan besok.”

"Mobilnya bagus untuk dikendarai. ... Kami sekali lagi cukup terkejut dengan kecepatan kami di kualifikasi."

Verstappen finis di depan rekan setimnya yang berada di posisi ketiga Sergio Perez, dengan Lando Norris dari McLaren untuk memulai dari posisi keempat di grid.

Verstappen mengatakan dia mengalami akhir pekan yang "mengerikan", berjuang mengatasi masalah.

"Tidak bagus, saya merasa tidak enak di dalam mobil sepanjang akhir pekan sejauh ini.... Tentu saja posisi kedua masih merupakan hasil yang bagus.” "Sebagai sebuah tim, kami menginginkan lebih."

Lewis Hamilton (Mercedes), yang rekor enam pole berturut-turutnya di Albert Park dipatahkan, akan start dari posisi kelima di depan rekan setimnya yang berada di urutan keenam George Russell.

Daniel Ricciardo akan start dari posisi ketujuh setelah sesi yang menggembirakan bagi McLaren.

Juara dunia dua kali Fernando Alonso tersingkir pada awal fase terakhir kualifikasi, menabrakkan mobil Alpine-nya ke dinding pada tikungan ke-11.

"Saya kehilangan hidrolik dan tidak bisa mengganti gigi," keluhnya di radio tim sebelum mobilnya ditarik keluar jalur dengan derek.

Nasib apes dialami tim Aston Martin. Kedua pembalapnya, Sebastian Vettel, dan Lance Stroll, mengalami kecelakaan. Vettel menambrak dinding pembatas. Sedangkan Stroll bertabrakan dengan pembalap Williams, Nicholas Latifi.

Bendera merah memberi Aston Martin waktu ekstra untuk mempersiapkan mobil Vettel dan Juara Dunia F1 empat kali itu muncul dengan dua menit tersisa untuk membukukan lap paling lambat kedua.

Pembalap Jerman itu akan start dari urutan ke-17 di grid, tersingkir dari fase pertama kualifikasi bersama rekan setimnya Stroll, Alex Albon dan Latifi dari Williams, dan Kevin Magnussen dari Haas.

REUTERS

Baca juga: Hasil FP3 F1 Australia: Lando Norris Tercepat, Sebastian Vettel Kecelakaan

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto.

#Charles Leclerc
#Max Verstappen
#Sergio Perez
#Lewis Hamilton
#Sebastian Vettel
#Formula 1

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi