Hasil FP3 F1 Australia: Lando Norris Tercepat, Sebastian Vettel Kecelakaan
Reporter: Gooto.com
Editor: Wawan Priyanto
Sabtu, 9 April 2022 14:38 WIB
Pembalap McLaren, Lando Norris saat ikuti Latihan Bebas 3 F1 GP Australia di Melbourne Grand Prix Circuit, Melbourne, Australia, 9 April 2022. REUTERS/Loren Elliott

GOOTO.COM, Jakarta - Pembalap McLaren Lando Norris memuncaki catatan waktu dalam latihan bebas terakhir di Grand Prix Australia pada Sabtu, 9 April 2022. Sedangkan Sebastian Vettel (Aston Martin) mengalami nasib sial setelah menabrak pembatas sirkuit.

Norris mencatat waktu satu menit 19,117 detik di sirkuit Albert Park, unggul 0,132 detik dari Charles Leclerc (Ferrari) yang berada di posisi kedua.

Sergio Perez dari Red Bull menjadi yang tercepat ketiga di depan Fernando Alonso (Alpine) dan Carlos Sainz (Ferrari) di posisi kelima.

Pembalap tuan rumah, Daniel Ricciardo, tercepat keenam dalam sesi yang menggembirakan bagi McLaren.

Juara Dunia Formula 1 2021 Max Verstappen tercepat ketujuh dan berjuang mengatasi masalah sepanjang sesi. Pembalap asal Belanda ini sempat melintir dan masuk ke rumput.

“Sangat sulit untuk merasakan tikungan saat ini,” katanya di radio tim seperti dilaporkan Reuters, Sabtu.

Vettel kembali ke Aston Martin-nya dengan unit tenaga baru sehari setelah mobilnya mogok selama latihan pertama pada hari Jumat kemarin. Setelah perbaikan, Vettel mengalami kecelakaan di tikungan 10, mobilnya keluar lintasan dan menabak dinding pembatas. Kecelakaan ini mengakibatkan race director mengibarkan bendera merah sekitar 20 menit.

Rekan setimnya Lance Stroll mengalami kecelakaan serupa sebelum tikungan ke-11, juga merusak roda kirinya, membawa bendera merah lainnya dan secara efektif mengakhiri sesi lima menit lebih awal.

Pembalap Mercedes Lewis Hamilton tercepat kedelapan, hampir delapan persepuluh detik di belakang Norris, dengan rekan setimnya George Russell tercepat ke-11.

Tim harus mengubah strategi mereka setelah penyelenggara memutuskan untuk mengurangi jumlah zona DRS Albert Park, yang dirancang untuk meningkatkan peluang menyalip, dari empat menjadi tiga untuk alasan keamanan setelah meninjau sesi latihan Jumat.

Direktur Balap FIA Niels Wittich mengatakan bahwa Zona DRS antara tikungan delapan dan sembilan, bagian dari lintasan lurus di mana pembalap memacu hingga kecepatan tertinggi, dipotong untuk sisa akhir pekan balapan.

REUTERS

Baca juga: Lewis Hamilton Kesal Performa Mobilnya Tak Membaik di F1 GP Australia

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto.

#Lando Norris
#Charles Leclerc
#Max Verstappen
#Lewis Hamilton
#Daniel Ricciardo
#Formula 1
#Sebastian Vettel

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi