Fabio Quartararo Juara MotoGP Jerman, Fracesco Bagnaia Terjatuh
Reporter: Antara
Editor: Wawan Priyanto
Senin, 20 Juni 2022 06:30 WIB
Selebrasi pembalap MotoGP Yamaha Fabio Quartararo seusai menjuarai balapan MotoGP Jerman, di Sachsenring, Hohenstein-Ernstthal, Jerman, Ahad, 19 Juni 2022. REUTERS/Lisi Niesne
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, JakartaFabio Quartararo (Montes Energy Yamaha) tampil dominan di MotoGP Jerman yang digelar di Sirkuit Sachsenring, Minggu, 19 Juni 2022. Pembalap asal Prancis itu finis 4,939 detik di depan kompatriot senegara Johann Zarco (Pramac Ducati). 

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Ini adalah kemenangan ketiga Quartararo sepanjang musim ini dan untuk kedua kalinya secara beruntun sejak Catalunya. Nasib apes menimpa rider Ducati Lenovo Team Francensco Bagnaia yang terjatuh di awal lomba. Padalah, rider Italia itu mendominasi waktu tercepat sejak latihan bebas dan peraih pole position sekaligus pemecah rekor lap tercepat. 

Bagnaia kehilangan posisi pimpinan lomba saat Quartararo melesat menuju tikungan pertama lap pembuka. Pembalap Ducati yang berusaha merebut kembali posisi terdepat justru mendapati dirinya terjatuh di tikungan pertama lap keempat karena kehilangan grip ban belakang. Ini adalah gagal finis keempat baginya musim ini.

Rekan satu tim Bagnaia di Ducati, Jack Miller melengkapi podium meski harus menjalani penalti lap panjang karena terjatuh saat bendera kuning dikibarkan pada kualifikasi.

Aleix Espargaro, yang berupaya menebus blunder selebrasi prematur yang dia lakukan di Catalunya, harus kehilangan podium untuk kedua kalinya setelah melakukan kesalahan di tikungan pertama, membuka jalan bagi Miller yang sedang dalam mode menyerang di lap-lap terakhir.

Pembalap Aprilia itu harus puas finis P4 demi menjaga asa perburuan gelar juara dunia di peringkat dua klasemen dengan jarak 34 poin dari Quartararo.

"Saya merasa lelah. Saya sakit sepanjang akhir pekan. Di balapan saya sempat batuk-batuk," kata Quartararo yang kelelahan setelah menyelesaikan balapan sepanjang 30 lap itu.

Kemenangan itu membuat Quartararo sebagai raja baru di Sachsenring di tengah absennya Marc Marquez, juara delapan balapan MotoGP di Jerman sebelumnya, yang sedang melakukan pemulihan cedera hingga setidaknya akhir musim ini.

Itu juga menjadi kemenangan bagi Yamaha sejak Valentino Rossi memenangi GP Jerman dari pole position pada 2009 silam.

Luca Marini (VR46) dan Jorge Martin (Pramac) finis P5 dan P6 di saat duet tim KTM Factory Brad Binder dan Miguel Oliveira di P7 dan P9 mengapit Fabio Di Giannantonio dari tim Gresini.

Enea Bastianini melengkapi sepuluh besar di motor Gresini kedua.

Suzuki pulang dari Jerman dengan tangan hampa setelah satu-satunya wakil mereka di balapan, Joan Mir, terjatuh dan gagal finis, di saat Alex Rins absen untuk melanjutkan pemulihan lengannya yang cedera.

Maverick Vinales menjalani salah satu penamplan terbaiknya musim ini ketika membuntuti Espargaro untuk zona podium. Namun pebalap Aprilia bernomor 12 itu terpaksa kembali ke garasi karena mengalami masalah teknis saat sepuluh lap tersisa.

Pol Espargaro dari tim Repsol Honda juga harus menyudahi balapan lebih dini karena masalah teknis di saat dua pebalap LCR Honda, Alex Marquez dan Takaaki Nakagami terjatuh di lomba.

Balap MotoGP aselanjutnya kan menyambangi Sirkuit Assen, Belanda pada pekan depan.

Baca juga: Fabio Quartararo Yakin Yamaha Bakal Tak Terkalahkan di MotoGP 2023

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi