PLN Mendorong Percepatan Konversi Kendaraan Listrik di Indonesia
Reporter: Antara
Editor: Rafif Rahedian
Jumat, 24 Juni 2022 16:00 WIB
PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah (UIW) Sumatera Utara meresmikan SPKLU (Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum) kedua di Sumut yang berlokasi di City View Polonia, Medan, pada Minggu, 23 Januari 2022. FOTO: Antara

GOOTO.COM, Jakarta -  PT PLN telah berkomitmen untuk mendorong percepatan konversi kendaraan berbahan bakar minyak ke listrik. Langkah tersebut diambil dalam upaya mencapai target netralitas karbon di Indonesia.

Informasi tersebut dibenarkan langsung oleh Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo. Dirinya menjelaskan bahwa keputusan tersebut untuk mempercepat transisi energi bersih, menekan impor dan subsidi BBM dan menghemat devisa negara.

"Konversi ini juga salah satu langkah untuk kami semakin mandiri dalam ketahanan energi, karena berpindah dari energi berbasis impor ke berbasis domestik," kata Darmawan, dikutip dari Antara.

PLN sendiri dikabarkan telah menyiapkan 400 unit motor listrik yang akan digunakan sebagai kendaraan operasional pada tahun ini. Langkah itu juga sebagai kampanye kendaraan listrik ke masyarakat.

Dirinya menjelaskan bahwa sepeda motor listrik itu nantinya bakal disematkan logo PLN dan Kementerian ESDM. Jika permintaan masyarakat tinggi, kata Darmawan, biaya konversinya pun bisa lebih murah.

Bukan hanya sekedar melakukan konversi motor BBM ke listrik, PLN juga bakal memastikan infrastruktur kelistrikan untuk mendukung kendaraan listrik di Indonesia. Salah satunya dengan membangun stasiun pengisian kendaraan listrik umum (SPKLU), SPBKLU dan home charging station.

"Pada tahun ini, kami mengalokasikan dana untuk menambah 40 unit SPKLU untuk mempermudah masyarakat mengisi kendaraan listriknya," ujar Darmawan.

Baca: Jadwal MotoGP Belanda Lengkap: Peluang Fabio Quartararo Raih Juara Lagi

ANTARA

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto

#Kendaraan Listrik
#PLN
#Indonesia
#Kendaraan
#Motor Listrik

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi