Jadwal Lengkap Formula 1 Grand Prix Inggris 1-3 Juli 2022
Reporter: Gooto.com
Editor: Wawan Priyanto
Kamis, 30 Juni 2022 20:26 WIB
Dua pembalap Mercedes, Lewis Hamilton dan Valtteri Bottas saat awal balapan F1 GP Inggris di Sirkuit Silverstone, Ahad, 2 Agustus 2020. REUTERS/Ben Stansall

GOOTO.COM, Jakarta -  Balap mobil Formula 1 seri ke-10 musim ini akan digelar di Sirkuit Silverstone, Inggris, 1-3 Juli 2022. Seri ini akan menjadi home race bagi sejumlah pembalap seperti Lewis Hamilton dan George Russell (Mercedes) dan Lando Norris (McLaren).

Red Bull Racing datang dengan kepercayaan diri tinggi. Dari sembilang seri yang sudah digelar. Red Bull memenangi tujuh seri di antaranya. 

Pembalap Red Bull Max Verstappen sukses memenangi enam balapan, dan satu balapan dimenangi rekan satu tim Sergio Perez. Dua kemenang lainnya direbut Charles Leclerc (Ferrari). 

Di klasmen pembalap sementara, Verstappen saat ini memimpin dengan total 175 poin, disusul Perez (129 poin), dan Leclerc (126 poin). Pembalap tuan rumah George Russell (Mercedes) di urutan empat dengan 111 poin. Di posisi kelima adalah Carlos Sainz (Ferrari) dengan 102 poin. 

Juara dunia tujuh kali Lewis Hamilton (Mercedes) terpuruk di posisi enam dengan hanya mengumpulkan 77 poin. 

Situasi memanas

F1 GP Inggris musim lalu menyajikan drama yang berujung perseteruan panas antara Verstappen dan Hamilton. Keduanya terlibat senggolan yang menyebabkan mobil Verstappen keluar lintasan dan menghantam pagar pembatas dengan keras. Sedangkan Hamilton bisa terus melanjutkan lomba dan bahkan memenanginya. 

Meski kejadian tersebut berlangsung pada musim lalu, aroma rivalitas keduanya kembali memanas dalam beberapa hari terakhir. Adalah Nelson Piquet, juara dunia tiga kali asal Brazil, yang diduga melontarkan hinaan berbau rasis kepada Hamilton setelah senggolan dengan Verstappen di Silverstone. 

Video wawancara Piquet yang diunggah di YouTube kembali viral dan menyulut reaksi dari sejumlah kalangan. Situasi semakin panas mengingat putri dari Piquet, Kelly, merupakan pasangan dari Verstappen. 

Mengutip laporan Reuters, Piquet kemudian meminta maaf kepada Hamilton karena melontarkan kata-kata yang tidak semestinya. Sedangkan Hamilton berseru kepada semua pihak untuk memerangi segala bentuk rasisme dan diskriminasi dalam olahraga, khususnya F1. 

Lantas, akankah rivalitas keduanya akan memanas di dalam trek? Kita simak aksinya mulai besok, Jumat, 1 Juli 2022. 

Berikut ini adalah jadwal lengkap Formula 1 GP Inggris:

1 Juli: - Latihan bebas pertama: 19.00-20.00 WIB- Latihan bebas kedua: 22.00-23.00 WIB

2 Juli:- Latihan bebas ketiga: 18.00-19.00 WIB- Kualifikasi: 21.00-22.00 WIB

3 Juli:- Balap: 21.00-23.00 WIB

REUTERS | FORMULA 1

Baca juga: Max Verstappen Juara F1 GP Kanada, Lewis Hamilton Naik Podium

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto

#Formula 1
#Lewis Hamilton
#Max Verstappen
#George Russell
#Mercedes
#Charles Leclerc

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi