BMW Bakal Ciptakan Cat Mobil dari Limbah untuk Mencapai Keberlanjutan
Reporter: Tempo.co
Editor: Rafif Rahedian
Senin, 11 Juli 2022 17:00 WIB
BMW Logo

GOOTO.COM, Jakarta -  Produsen mobil di seluruh dunia dikabarkan telah bertujuan mencapai keberlanjutan melalui berbagai bahan yang mereka gunakan pada kendaraannya. Kini BMW justru melakukan sesuatu yang lebih unik.

Mereka mengatakan bahwa pihaknya sedang mengerjakan cat yang dikembangkan dari bahan terbarukan seperti limbah bio atau limbah pabrik. BMW merangkul BASF untuk mengembangkan cat mobil berkelanjutan dari limbah tersebut.

Cat mobil sendiri saat ini memiliki komponen yang terbuat dari minyak bumi. BMW dan BASF bertujuan untuk mengganti komponen tersebut dengan bahan baku yang bersumber dari bio-waste.

Kedua perusahaan mengklaim bahwa proses ini tidak hanya akan mengurangi kolom sumber daya fosil yang dibutuhkan bahan baku. Namun langkah ini juga membantu mengurangi emisi yang biasanya dikeluarkan dalam produksi dan transpotasi minyak mentah.

Produsen mobil mewah asal Jerman ini mengklaim bahwa bahan baku cat mobil yang bersumber dari limbah akan memberikan perlindungan dari korosi seperti cat biasa dan akan mengurangi emisi karbon dari proses pengecatan sebesar 40 persen.

Sistem pengecetan mobil BMW ini nantinya akan dikerjakan di pabrik BMW di Leipzig, Jerman, dan Rosslyn, Afrika Selatan.

Baca:  Emisi Karbon Hummer EV Diklaim Lebih Banyak Ketimbang Sedan Bensin

HINDUSTAN TIMES

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto.

#BMW
#Cat Mobil
#Mobil
#Limbah
#Mobil Mewah

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi