PLN Bakal Bantu Penjualan Kendaraan Listrik, Bagaimana Caranya?
Reporter: Antara
Editor: Rafif Rahedian
Senin, 25 Juli 2022 12:00 WIB
Seorang pengemudi mengisi daya baterai mobil listriknya di SPKLU Gedung PLN Gambir, Jakarta, Rabu, 13 Juli 2022. Ekosistem kendaraan listrik yang memadai diharapkan menarik minat masyarakat untuk beralih ke kendaraan listrik. ANTARA /Agha Yuninda

GOOTO.COM, Jakarta - PT PLN baru-baru ini mengaku siap mendukung penjualan kendaraan listrik di Indonesia. Pasalnya, hal itu juga akan berpengaruh terhadap penjualan listrik perusahaan di masa mendatang.

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo. Dirinya mengatakan bahwa bentuk dukungan yang diberikan adalah menyediakan infrastruktur dan sarana terkait, bantuan pemasaran dan operasional, hingga berkolaborasi dengan pemangku kepentingan.

“Kalau dari bapak-bapak dan ibu-ibu di sini ada yang jual kendaraan listrik, kami dukung all out. Kenapa? Karena mobil listrik itu pasti nge-chargenya hanya satu sumber, yakni dari PLN. Kami dagangannya listrik. Jadi begitu ngecharge otomatis dagangan kami laris,” ujar dia, dikutip dari Antara.

Saat ini PLN telah menyediakan infrastruktur dan sarana terkait, seperti EVDS. Sekedar informasi, EVDS adalah layanan serda ada (one stop service) yang terhubung langsung dengan aplikasi PLN Mobile. Aplikasi ini juga dapat mengakses informasi dan sistem transaksi di stasiun pengisian daya kendaraan listrik umum (SPKLU).

“Masyarakat lebih mudah mendapatkan layanan kelistrikan apalagi untuk kendaraan listriknya. Mau tambah daya, pasang baru, bahkan membeli kendaraan listrik bisa melalui EVDS yang terintegrasi dengan PLN Mobile,” ucap dia menjelaskan.

Selanjutnya dari segi pemasaran, Darmawan menyebutkan PLN bakal membantu menghubungkan penjual kendaraan listrik dengan pelanggan mereka. Saat ini, PLN sendiri telah memiliki jumlah pelanggan sebanyak 83,6 juta.

“Kalau butuh akses ke pelanggan, kami akan memfasilitasi ke pelanggan kami by nameby addressby location. Saya mendukung karena kolaborasi ini bisa mengakselerasi mobil, motor listrik bisa dinikmati masyarakat,” tutup dia.

Baca jugaPLN Siap Gelar Konvoi Kendaraan Listrik Lanjutan di Bali

ANTARA

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto.

#Kendaraan Listrik
#PLN
#Penjualan
#SPKLU
#Mobil Listrik

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi