Penyebab Ban Tubles Sering Kempes, Begini Tips Mengatasinya
Reporter: Hilman Haikhal Zainubi
Editor: Rafif Rahedian
Rabu, 7 September 2022 09:00 WIB
Aiptu Mustamin, bekerja di bengkel tambal ban kendaraan di Kartini, Makassar, 26 Mei 2016. TEMPO/Fahmi Ali

GOOTO.COM, Jakarta - Ban tubles merupakan jenis ban yang dirancang tanpa menggunakan bagian dalam dan memiliki ketahanan serta kekuatan yang lebih baik. Semisal tiba-tiba tertusuk benda tajam, maka ban tubles relatif lebih aman dari masalah kebocoran.

Namun bukan berarti ban ini tidak bisa bocor, hanya saja tidak langsung kempes secara cepat. Itu terjadi karena benda tajam yang menancap mampu menahan sedikit udara yang keluar dari dalam ban tubles.

Terkadang ban tubles sendiri sering mengalami kondisi kempes secara tiba-tiba. Hal tersebut dapat dipicu oleh berbagai macam faktor. Berikut beberapa penyebab ban tubles sering kempes, dilansir dari Auto2000, hari ini, Rabu, 7 September 2022:

1. Kurangnya Tekanan Angin

Udara bertekanan di dalam ban dapat menyusut atau memuai jika ada perubahan suhu. Ketika suhu panas maka udara memuai. Sebaliknya, ketika suhu dingin maka udara menyusut. Mobil yang sudah lama tidak digunakan juga bisa menjadi penyebab masalah ini. 

2. Kondisi Pentil Ban Rusak

Permasalahan juga bisa disebabkan pemasangan pentil ban yang tidak baik. Tutup pentil berfungsi untuk melindungi katun ban agar tidak terkena debu dan pasir. Jika pentil ban kurang rapat maka pada akhirnya kotoran tersebut dapat masuk dan merusaknya. Maka dari itu, Anda harus mengecek apakah pemasangan pentilnya sudah benar atau belum agar tidak cepat rusak.

3. Kondisi Karet Ban Sudah Rapuh

Pada dasarnya, ban memiliki batas waktu pemakaian setelah diproduksi. Sebaiknya Anda tidak menggunakan ban yang sudah diproduksi lebih dari 6 tahun lalu.

4. Ban Tertusuk Benda Tajam

Jika Anda tidak sadar benda tajam tetap menempel pada kendaraan, maka masalah ban kempes pasti akan terjadi terus menerus. Sebaiknya segera lepaskan benda tajam itu dan tambal agar masalah tersebut dapat diatasi.

5. Masalah pada Velg

Masalah pada velg yang sering menyebabkan ban bocor adalah kondisinya sudah peyang dan karatan. Peyang di bagian velg menyebabkan dudukan ban tidak dapat menempel rapat, sekaligus mengisolasi udara di dalamnya.

Itulah beberapa informasi mengenai penyebab ban tubles sering kempes. Oleh karena itu, pastikan untuk selalu mengecek kondisi serta komponen ban secara rutin agar nyaman dan aman saat berkendara.

Baca Juga: Andi Gilang Juara 2 Kali di Malaysian Superbike 600 2022

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto

#Ban
#Tips
#Auto2000
#Ban Bocor
#Mobil

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi