Simak Ukuran Tekanan Angin Ban Mobil yang Ideal
Reporter: Hilman Haikhal Zainubi
Editor: Jobpie Sugiharto
Kamis, 8 September 2022 14:46 WIB
Ilustrasi mengganti ban mobil. (Auto2000)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Tekanan angin ban mobil yang tepat dan sesuai akan membuat perjalanan menjadi lancar dan lebih aman. Jika kurang memperhatikan ukuran angin mobil dapat membahayakan pengendara mobil, penumpang, bahkan pengguna jalan lainnya.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Ukuran tekanan angin ban mobil yang terlalu rendah dapat memicu kebocoran ketika melintasi jalan berbatu. Jika tekanan ban terlalu tinggi juga berpotensi terjadi aquaplaning ketika melintasi jalan berair.

Setiap jenis ban mobil memiliki ukuran tekanan angin yang berbeda. Ukuran tekanan ban mobil sangat tergantung pada jenis mobil dan ban yang digunakan.

Pengendara mobil harus mencermati Informasi Tekanan Ban (Tire-Loading Information) yang biasanya terdapat pada frame pilar pintu depan kanan mobil (pintu pengemudi). Terdapat stiker kotak bertuliskan informasi tekanan ban.

Berikut informasi tentang ukuran tekanan angin ban mobil standar pabrikan yang nyaman, dilansir dari Auto2000 hari ini, Kamis, 8 September 2022:

Mobil MPV: 33-36 PsiMobil City Car: 30-36 PsiMobil Sedan: 30-33 PsiMobil SUV: 35-40 Psi.

Setiap tipe mobil mempunyai ukuran ban dan velg yang berbeda, akibatnya tekanan angin ban ban pun berbeda-beda. Pengendara mobil mesti selalu melakukan pengecekan ban mobil.

Baca: Pentingnya Mengecek Tekanan Angin Ban Mobil

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto.

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi