3 Provinsi di Sulawesi Bakal Disiapkan SPKLU, Catat Lokasinya!
Reporter: Antara
Editor: Rafif Rahedian
Rabu, 14 September 2022 14:00 WIB
Petugas memeriksa unit pengisian daya kendaraan listrik di Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) The Apurva Kempinski Bali di Badung, Selasa, 30 Agustus 2022. PLN menyiapkan 70 unit SPKLU Ultra Fast Charging, 21 unit SPKLU Fast Charging dan 200 unit Home Charging di Bali untuk mengisi daya kendaraan listrik saat KTT G20 di Bali. ANTARA FOTO/Fikri Yusuf
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - PT PLN berencana menyiapkan infrastruktur Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di tiga provinsi, yakni Sulawesi Barat, Sulawasi Selatan dan Sulawesi Tenggara.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Kabar itu dibenarkan langsung oleh General Manager PLN Unit Induk Wilayah Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara dan Sulawesi Barat (UIW Sulselrabar), Moch Andy Adchaminoerdin. Ia mengatakan keputusan itu merujuk dari PERMEN ESDM 13 Tahun 2020 tentang Penyediaan Infrastruktur Pengisian Listrik.

"Tahun 2023, kami menargetkan akan ada tambahan 4 SPKLU di Kabupaten Bulukumba, Kab. Bone, Kab. Kolaka dan Kab. Konawe Utara guna terintegrasinya fasilitas charging mobil listrik di Provinsi Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara dan Sulawesi Barat," kata dia, dikutip dari Antara.

Lebih lanjut dirinya menyebut PLN UIW Sulselrabar sudah membangun empat SPKLU di wilayahnya, yakni SPKLU PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Makassar Selatan (50kW) dan SPKLU PLN ULP Mattoanging berkapasitas 25 kW + 7 kW, Kota Makassar Sulawesi Selatan.

Lalu ada juga SPKLU PLN Unit Layanan Pelanggan (ULP) WuaWua berkapasitas 2×25 kW di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara, dan SPKLU PLN UP3 Parepare berkapasitas 2x25 kW di Kota Parepare, Sulawesi Selatan.

"Untuk tahun 2022, terdapat empat SPKLU yang terletak di Kantor Gubernur Sulsel, Kota Palopo, Tomoni, dan Kabupaten Kolaka Utara sedang dalam tahap pembangunan," kata Andy menambahkan.

Tak hanya itu, PLN juga sudah menyediakan 331 unit SPLU (Stasiun Pengisian Listrik Umum) di sejumlah titik fasilitas umum Provinsi Sulawesi Tenggara, Sulawesi Selatan dan Sulawesi Barat. Langkah itu diambil untuk memudahkan masyarakat pengguna kendaraan listrik.

PLN juga dilaporkan telah memfasilitasi penyediaan listrik untuk 36 Stasiun Penukaran Baterai Kendaraan Listrik Umum (SPBKLU) di kantor PLN dan mini market Kota Makassar dan Kabupaten Gowa.

Salah satu lokasinya ada di Kantor PLN UIW Sulselrabar (2 unit), Kantor PLN Unit Layanan Pelanggan (ULP) Sunggumanasa, Kantor PLN ULP Mattoanging, Kantor PLN ULP Karebosi, Kantor PLN ULP Daya, dan Kantor PLN ULP Maros

Baca Juga: Penjualan Kendaraan Bensin Bakal Disetop untuk Kurangi Konsumsi BBM

ANTARA

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi