Pengendara Wajib Tahu, Ini Cara Membedakan Oli Asli dan Palsu
Reporter: Hilman Haikhal Zainubi
Editor: Rafif Rahedian
Kamis, 22 September 2022 19:00 WIB
PT Surganya Motor Indonesia saat ini berinovasi untuk menjadikan oli X-TEN sebagai oli tahan lama. Caranya dengan memakai ester sebagai bahan dasar yang akan membuat tarikan entengnya tahan lama, olinya tahan lama dan juga melindungi mesin tahan lama. FOTO: PT Surganya Motor Indonesia
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Oli memiliki fungsi melumasi komponen yang ada di dalam mesin serta berfungsi sebagai pendingin suhu. Peran oli mesin sendiri sangat vital bagi kesehatan kendaraan Anda.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Akan tetapi pemilik kendaraan tak boleh sembarang pilih oli mesin. Mengingat saat ini ada beberapa oknum yang menjual oli palsu di pasaran. Jika oli yang Anda beli itu palsu, nantinya akan berdampak pada kesehatan mesin.

Sekedar informasi, oli palsu sendiri merupakan pelumas bekas yang dikemas kembali seperti produk baru. Maka dari itu, agar tidak tertipu dengan oli palsu, pemilik kendaraan harus memerhatikan setiap pembelian atau penggantian oli di bengkel.

Berikut redaksi Gooto.com merangkum tanda-tanda oli palsu, dilansir dari Auto2000 hari ini, Kamis, 22 September 2022:

  1. Perhatikan nomor produksi dalam kemasan

Nomor produksi dipastikan bakal selalu ada pada kemasan oli asli. Biasanya nomor produksi ini akan disematkan pada tutup dan bodi botol kemasan.

  1. Cek apakah botol masih tersegel

Umumnya oli asli memiliki botol kemasan yang masih tersegel. Segel inilah yang tidak bisa ditiru oleh pembuat oli palsu.

  1. Lihat label dan hologramnya

Oli asli berkualitas pasti menggunakan teknik cetak yang tinggi. Saat menyentuh label kemasan seharusnya Anda bisa merasakan kualitas cetakan tersebut. Apabila dalam sekali usap tintanya terhapus maka jelas bahwa oli tersebut palsu.

Hologram pada kemasan oli asli tidak akan bisa diduplikasi dengan mudah. Maka dari itu, jika tidak ada hologram dalam kemasan maka itu tandanya oli tersebut palsu.

  1. Berbau aneh

Jika tiga hal tersebut membuat Anda masih ragu, cobalah cek baunya. Oli asli pasti memiliki bau yang wangi atau setidaknya tidak aneh. Bau aneh oli menandakan bahwa kualitasnya sudah tidak baik. Jika menemukan bau aneh pada oli, maka dapat dipastikan bahwa itu adalah produk palsu.

  1. Warna oli

Oli asli yang berkualitas baik seharusnya berwarna kuning cerah layaknya minyak goreng baru. Warnanya tidak akan keruh atau kecokelatan. Bahkan cairannya kental. Jika Anda menemukan oli berwarna gelap, maka oli tersebut dapat dipastikan oli tersebut palsu.

Itulah beberapa informasi mengenai perbedaan oli asli dan palsu. Jika Anda memakai oli palsu pastinya akan berdampak pada performa mesin, karena oli tersebut dapat menganggu kinerja mesin. Maka dari itu, beli dan ganti oli di bengkel resmi agar meminimalisir terjadinya pemakaian oli palsu.

Baca Juga: MotoGP: Kata Francesco Bagnaia Soal Persaingannya dengan Enea Bastianini

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi