Balap Formula 1 Jepang Ditunda, Hujan Deras Bikin Banyak Kecelakaan
Reporter: Antara
Editor: Jobpie Sugiharto
Minggu, 9 Oktober 2022 13:08 WIB
Pembalap AlphaTauri, Yuki Tsunoda saat latihan sebelum Grand Prix Jepang di Sirkuit Suzuka, Suzuka, Jepang, 7 Oktober 2022. REUTERS/Issei Kato
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Balap mobil Formula 1 Grand Prix Jepang di Sirkuit Suzuka hari ini, Minggu, 9 Oktober 2022, terpaksa dihentikan sementara pada lap ketiga. 

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Balapan dihentikan menyusul cuaca buruk dan hujan deras di lintasan yang diikuti sejumlah insiden kecelakaan selepas start.

Pembalap Formula 1 Tim Red Bull Max Verstappen mempertahankan posisi pimpinan balapan ketika Charles Leclerc berupaya menusuk dari sisi dalam tikungan pertama. Namun, lap pertama tersebut berjalan chaos ketika sejumlah pembalap kehilangan kendali mobilnya di lintasan basah dengan visibilitas yang minim.

Pembalap Aston Martin, Sebastian Vettel, tabrakan dengan Fernando Alonso dari Tim Alpine saat menuju tikungan pertama. Mobil balap Carlos Sainz pun tergelincir dan mendapati kerusakan di bagian belakang Ferrari itu sehingga dia tak dapat meneruskan lomba.

Alexander Albon dan Zhou Guanyu juga kesulitan menaklukan lintasan yang basah. Pembalap Tim Alfa Romeo Racing Zhou Guanyu mampu menghindarkan mobilnya menabrak, tapi Albon harus keluar dari balapan.

Adapun Pierre Gasly, yang start dari jalur pit, mendapati mobil AlphaTauri yang dikemudikannya melaju dengan pecahan papan iklan di bagian depan mobilnya.

Laman resmi Formula 1 menyebut setelah tiga lap dalam keadaan chaos, Steward mengibarkan bendera merah di tengah hujan yang semakin deras. Para pembalap kemudian kembali ke jalur pit, dengan posisi awal P1 dipegang Max Verstappen.

Max Verstappen paling berpeluang menjadi Juara Dunia Formula 1 2022 yang akan menjadikannya juara dua tahun berturut-turut, jika dia menang Formula 1 Jepang di Sirkuit Suzuka hari ini. Satu poin tambahan dari lap tercepat bisa mengunci gelar juara dunia unt Verstappen. Dia bisa juga mempertahankan gelarnya apabila menang dari pembalap Ferrari, Charles Leclerc, dan finis ketiga atau lebih rendah.

Baca: Indonesia Kerja Sama dengan Singapura untuk Gelar Formula 1

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto.

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi