Indonesia Kejar Target Zero Emisi, Toyota: Jangan Jadi Korban Transisi Energi Hijau
Reporter: Dicky Kurniawan
Editor: Wawan Priyanto
Jumat, 14 Oktober 2022 13:38 WIB
Toyota Logo (REUTERS/Mark Blinch)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, JakartaToyota Indonesia mengungkapkan bahwa dalam mengejar target Net Zero Emission (NZE) pada tahun 2060, Indonesia harus mempersiapkan semuanya dari berbagai macam aspek. Salah satu hal yang tidak kalah penting untuk dipersiapkan adalah Sumber Daya Manusia (SDM).

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

"Sejarah mengatakan SDA (sumber daya alam) itu bisa jadi keuntungan komparatif, tapi tidak bisa jadi keuntungan kompetitif semata. Yang paling penting itu adalah SDM," kata External Corporate Affairs Director PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) Bob Azam di Kampus ITS Surabaya, Selasa, 11 Oktober 2022.

Bob mengungkapkan bawa Toyota saat ini tengah gencar menjalin kerja sama dengan sejumlah universitas di Indonesia untuk mencetak sumber daya manusia yang berkualitas. Menurut dia saat ini sudah ada 7 universitas di Indonesia yang bekerja sama dengan Toyota.

"Dengan demikian, kita bisa menjadi garis depan di dalam transisi industri menjadi lebih hijau. Kita bisa menjadi negara yang mendapatkan manfaat, bukan menjadi korban dari transisi energi hijau," tutur dia.

Untuk bisa mencetak sumber daya manusia yang berkualitas dan mumpuni, Toyota menilai pemerintah perlu menjalin kerja sama dengan industri dan akademisi. Bob mencontohkan bahwa di Jepang, ada orang pemerintahan yang duduk di industri dan ada orang industri yang duduk di pemerintahan.

"(Di Indonesia) Dari BRIN mungkin nanti ditaruh di Toyota atau enggak dari Toyota nanti bisa taruh di BRIN atau di universitas. Sehingga kerja sama bisa lebih bagus lagi dan bisa lebih cepat bergerak dibandingkan negara lain," ujar dia.

Baca juga: Toyota Land Cruiser Seri 70 Jadi Kendaraan Operasional di Freeport Indonesia

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto.

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi