SMA Negeri Bali Mandara Juara Toyota Eco Youth 2022
Reporter: Gooto.com
Editor: Rafif Rahedian
Rabu, 19 Oktober 2022 10:11 WIB
Kick Off Toyota Eco Youth ke-12 digelar melalui webinar, Jumat, 17 Desember 2021. (Toyota)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - SMA Negeri Bali Mandara berhasil keluar sebagai juara setelah berhasil menorehkan nilai tertinggi di ajang Toyota Eco Youth (TEY) 2022. Mereka saat itu mengusung tema ‘Bioghum: Pemanfaatan Limbah Tanaman Sorgum’.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Alhasil SMA Negeri Bali Mandara berhak membawa pulang uang sebesar Rp 100 juta. Jumlah hadiah tunai tersebut bisa diutilisasikan secara optimal untuk mengembangkan proyek lebih lanjut.

Sedangkan pada urutan kedua ditempati oleh SMA Negeri 5 Yogyakarta dengan konsep proyek ‘Eco Charging Station: Transisi Energi Eco Friendly melalui Pendekatan Circular Carbon dengan Pemanfaatan Food Loss and Waste dan Biogas Limbah Kotoran Ternak’. Mereka pun berhak mendapatkan uang Rp 75 juta.

Sementara itu, juara ketiga TEY ke-12 dimenangkan oleh SMA Negeri Unggul Seribu Bukit yang memprakarsai proyek ‘Alat Penyulingan Sereh Wangi Murah Bahan Bakar dan Ramah Lingkungan’. Mereka sukses mendapatkan uang tunai sebesar Rp 50 juta.

“Toyota Indonesia mengucapkan selamat kepada sekolah Pemenang TEY ke-12, dengan karya terbaik di antara proposal-proposal yang sudah berpartisipasi memberikan ide untuk berkontribusi terhadap pengurangan emisi karbon,” Wakil Presiden Direktur PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) Nandi Julyanto.

“Kami berharap konsistensi dan kehadiran TEY hingga tahun ke-12 sebagai inisiasi dari gerakan penghijauan di kalangan pelajar dapat memberikan dampak positif terhadap upaya pemerintah dalam merealisasikan target netralitas karbon,” tambah Nandi Julyanto.

Di sisi lain, Direktur Hubungan Eksternal PT TMMIN Bob Azam menjelaskan bahwa gelaran Toyota Eco Youth ini dimaksudkjan untuk menjalankan gaya hiddup baru yang lebih maju demi menurunkan emisi karbon. Menurutnya pelestarian lingkungan bisa diaplikasikan melalui kreativitas dalam ‘Eco-Project’.

“Dalam menghadapi tantangan era netralitas karbon, generasi muda Indonesia harus keluar sebagai generasi pemenang yang merubah tantangan yang ada menjadi sebuah peluang, salah satunya melalui kreativitas penghijauan yang diwujudkan melalui Program TEY,” ujar Bob.

Baca Juga:

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi