Tips Aman Berkendara Motor Listrik Saat Hujan
Reporter: magang_merdeka
Editor: Jobpie Sugiharto
Jumat, 21 Oktober 2022 14:46 WIB
Ilustrasi naik sepeda motor saat hujan. (Yamaha)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Musim hujan masih terus menerjang wilayah Jabodetabek membuat sejumlah ruas jalan terendam banjir. Hal ini menyebabkan banyak masyarakat yang khawatir dalam menggunakan motor listrik saat hujan deras mengguyur.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Tidak perlu khawatir karena sepeda motor listrik memiliki kemampuan ketahanan air sama seperti motor mesin bensin. Kekhawatiran tersebut muncul karena asumsi bahwa motor listrik sangat mengandalkan listrik dan baterai, sedangkan musuh utama listrik adalah air.

Berikut beberapa tips mengendarai motor listrik saat hujan, ditrangkaum dari berbagai sumber hari ini, Jumat, 21 Oktober 2022:

1. Ketahui Kemampuan Motor Listrik Setiap motor listrik tentunya memiliki spesifikasi dan ketahanan yang berbeda saat terkena air. Terdapat motor listrik yang didesain hanya menahan percikan air saja, ada pula yang tidak mampu berjalan dibawah guyuran hujan lebat.

2. Cek Daya Baterai Sebelum berkendara alangkah baiknya melakukan pengecekan terhadap daya baterai. Apalagi saat musim hujan mengguyur, tentunya kita tidak ingin kehabisan baterai saat hujan mengguyur mengingat saat ini masih terbatas stasiun pengisisn baterai.

3. Hindari banjir lebih dari 30 cmJika tidak ingin mengalami kerusakan, sebaiknya sebelum menerjang hujan dan banjir kita perlu mengetahui berapa ketinggian banjir tersebut. Jika lebih dari 30 cm, maka sebaiknya tunggu saja sampai hujan reda atau banjir surut agar motor listrik tetap aman.

4. Jaga jarak dengan kendaraan lainSaat hujan biasanya air akan menutupi jalanan dan berpotensi mengurangi traksi pada ban dan menimbulkan selip, untuk itu kita harus menjaga jarak motor listrik dengan kendaraan lain.

KHOLIS KURNIA WATI | BERBAGAI SUMBER | JOBPIE

Baca: Daftar Sepeda Motor Listrik Alternatif Saat Harga BBM Naik

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto.

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi