Cara Mengganti Air Radiator Mobil Sendiri
Reporter: magang_merdeka
Editor: Jobpie Sugiharto
Minggu, 13 November 2022 06:28 WIB
Sara Bahai (40), saat mengisi air radiator mobilnya sambil menunggu penumpang di Mazar-i Sharif, provinsi Balkh, Afganistan, 3 Maret 2015. Sara Bahai, merupakah satu-satunya supir taksi perempuan di Afganistan. AP/Mustafa Najafizada

GOOTO.COM, Jakarta - Mungkin ada yang belum tahu bagaimana caranya mengganti dan mengisi air radiator mobil sendiri di rumah. Demi perawatan komponen ini, air di dalamnya mesti dicek dan diisi jika berkurang sesuai ketentuan pabrikan.

Air radiator mobil sangat penting untuk menjaga radiator tetap bersih dan tidak tersumbat sehingga dapat bekerja optimal mendinginkan mesin. Radiator juga komponen penting dalam mendukung kelancaran sistem kerja mobil hybrid.

Berikut cara mengganti dan mengisi air radiator mobil, dikutip dari laman Auto2000 hari ini, Minggu, 13 November 2022:  

1. Buka tutup radiator dan buang air radiator sebelumnyaBuka tutup radiator pada bagian atas lalu buka baut pembuangan air radiator. Setelah itu biarkan beberapa saat hingga air radiator terbuang semua.

2. Isi ulang air radiatorSetelah air radiator mobil terbuang, pasang tutup baut seperti semula lalu isi air radiator dengan air bersih atau cairan pendingin radiator sampai airnya meluap keluar.

Water coolant atau air radiator sangat penting untuk menjaga radiator tetap bersih dan tidak tersumbat sehingga pendinginan mesin mobil lebih optimal.

3. Cek air tanki pada cadangan radiatorMenurut Auto2000, Setelah mengganti air radiator mobil, jangan lupa mengecek air pada tanki cadangan di dekat radiator. Jika sudah kotor atau habis maka garus diganti dengan air baru.

KHOLIS KURNIA WATI | AUTO2000 | JOBPIE

Baca: Bahayanya Radiator Mobil Kehabisan Air

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto.

#Air Radiator
#Air Radiator Berkurang
#Radiator Mobil
#Tips Merawat Radiator Mobil
#Auto2000

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi