Air Radiator Berkurang? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya
Reporter: Hilman Haikhal Zainubi
Editor: Rafif Rahedian
Senin, 12 September 2022 08:41 WIB
Sara Bahai (40), saat mengisi air radiator mobilnya sambil menunggu penumpang di Mazar-i Sharif, provinsi Balkh, Afganistan, 3 Maret 2015. Sara Bahai, merupakah satu-satunya supir taksi perempuan di Afganistan. AP/Mustafa Najafizada

GOOTO.COM, Jakarta - Air radiator merupakan komponen penting dalam sistem pendingin mobil yang fungsinya untuk mendinginkan semua sistem pada kendaraan. Maka dari itu, pemilik kendaraan disarankan untuk selalu mengecek kondisi air radiator. Jika hal ini dibiarkan, tentunya akan berdampak pada performa mobil Anda.

Ketika berkendara, air radiator akan bergerak untuk menjaga temperatur mesin agar tidak terjadi overheat. Oleh karena itu, ada kalanya air radiator berkurang. Terdapat beberapa penyebab air radiator berkurang. Berikut informasinya dilansir dari Auto2000 hari ini, Senin, 12 September 2022:

1. Tutup Radiator Melemah

Tekanan tutup pada radiator yang sudah melemah merupakan penyebab dari berkurangnya air radiator. Hal ini dikarenakan kerusakan yang ada pada karet penutup radiator membuat air lebih cepat habis. Untuk mengatasinya, Anda harus mengganti karet tutup radiator dengan yang baru.

2. Kebocoran pada Water Pump

Komponen ini berfungsi untuk memompa serta sebagai sirkulasi air yang ada di dalam mesin mobil. Jika komponen ini rusak, maka berdampak pada penurunan volume air radiator yang cukup drastis dan menyebabkan mesin mengalami overheating.

Biasanya komponen ini rusak karena usia pemakaian dan terkena rendaman air sehingga membuat keropos dan berkarat. Untuk mengatasinya, Anda harus melakukan perawatan seperti menguras air radiator dua bulan sekali dan menggunakan air yang berkualitas agar kinerja water pump menjadi maksimal.

3. Sirip Radiator Bocor

Kebocoran ini dapat Anda perhatikan dari beberapa tanda melalui kondisi busi yang selalu basah serta oli mesin yang tercampur dengan air. Namun kondisi ini biasanya tidak akan mudah terlihat. Maka dari itu pastikan untuk selalu mengecek secara rutin pada bagian tersebut ke bengkel resmi.

4. Selang Radiator Rusak

Selang radiator dapat rusak karena melunak atau menjadi lemah. Hal ini disebabkan karena kesalahan sistem pendingin. Selang pendingin yang rusak diketahui tidak dapat mengalirkan cairan pendingin dengan benar. Jika terjadi hal ini, maka segeralah mengganti dengan selang yang baru agar tidak memicu kerusakan pada mesin.

Itulah beberapa penyebab air radiator berkurang dengan cepat. Maka dari itu, pastikan selalu mengecek bagian pada mesin mobil agar tidak terjadi penurunan kinerja mesin mobil.

Baca Juga: 100 Unit Mobil Listrik Wuling Air EV Dikirim ke pelanggan Hari Ini

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto

#Air Radiator
#Air Radiator Berkurang
#Mobil
#Kendaraan
#Auto2000
#Radiator

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi